Bapelkes Cikarang Selenggarakan Seminar Berseri Peningkatan Kapasitas Sumber Daya Manusia Kesehatan

Bapelkes Cikarang Selenggarakan Seminar Berseri Peningkatan Kapasitas Sumber Daya Manusia Kesehatan

Cikarang (8/4) - Seminar Berseri Peningkatan Kapasitas Sumber Daya Manusia Kesehatan diselenggarakan di Gedung Audotorium dr. Wirjawan Djodjosugito, MPH Balai Pelatihan Kesehatan Cikarang.Acara dibuka secara resmi oleh Kepala Balai Pelatihan Kesehatan Cikarang Syamsul Arifin, SKM, M.Epid. Beliau menyampaikan bahwa Balai Pelatihan Kesehatan yang selanjutnya disebut Bapelkes, adalah Unit Pelaksana Teknis di lingkungan Kementerian Kesehatan yang berada di bawah dan tanggung jawab Badan Pengembangan dan Pemberdayaan Sumber Daya Manusia Kesehatan.Secara teknis fungsional Bapelkes dibina oleh Pusat Pendidikan dan Pelatihan Aparatur.

Salah satu narasumber yang hadir dalam seminar tersebut, Prof. DR. Dr. H. Faried Anfansa Moeloek,Sp.OG menyampaikan bahwa ada lima paradigma sehat yang menjadi pengejawantahan agenda menuju Indonesia Sehat yaitu :

  1. Ketersediaan air bersih bagi setiap orang (memakai air bersih untuk setiap orang)
  2. Gizi sehat untuk setiap golongan umur (makanan 4 sehat 5 sempurna)
  3. Perumahan,Lingkungan &Sanitasi sehat (di halaman rumah,toilet,dapur rumah,air dsb bersih)
  4. Perilaku Hidup Bersih Sehat (menjalankan agama masing-masing dengan tekun hindari korupsi).
  5. Medical Backups & Jaminan Kesehatan (periksa kesehatan rutin supaya sehat selalu).

Selanjutnya Kepala Pusat Pendidikan dan Pelatihan Aparatur yang mewakili Kepala Badan Pengembangan dan Pemberdayaan Sumber Daya Manusia Kesehatan memaparkan bahwa perkembangan ilmu pengetahun dan teknologi yang semakin maju dan termodernisasi telah menggeser kebutuhan masyarakat terhadap pelayanan kesehatan menjadi ke arah yang lebih bermutu. Hal ini merupakan tantangan bagi Sumber Daya Manusia Kesehatan agar bekerja lebih profesional dalam memberikan pelayanan.

Untuk menjawab tantanngan tersebut perlu dilakukan peningkatan pengetahuan dan ketrampilan yang dibutuhkan Sumber Daya Manusia Kesehatan dengan berbagai langkah dan upaya yang dilakukan agar memberikan pelayanan yang baik dan professional, diantaranya melalui pelatihan.-pelatihan dan masih banyak faktor yang mempengaruhi keberhasilan suatu pelatihan, namun salah satu komponen yang paling penting adalah faktor pelatih supaya lebih eksis.

Berita ini disiarkan oleh Bagian Hukormas, Sekretariat Badan PPSDM Kesehatan Kementerian Kesehatan RI. Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi nomor telepon : 021-7245517-72797302, faks: 021-7398852 atau alamat e-mail : bppsdmk@yahoo.co.id, humas_bppsdmk@yahoo.com

 

          

Bagikan