Hingga hari ke 2 Seleksi NS Batch III sebanyak 362 peserta

Hingga hari ke 2 Seleksi NS Batch III sebanyak 362 peserta

Jakarta (15/3) – Hari kedua penyelenggaraan  seleksi Tim Nusantara Sehat Batch III telah selesai secara serentak di 6 regional yaitu Medan, Jakarta, Surabaya, Denpasar, Banjarmasin dan Makassar kecuali Regional Jayapura yang hanya menyelenggarkan seleksi di hari pertama. Untuk pelaksanaan sendiri di masing masing regional berlangsung di Poltekkes Kemenkes, untuk regional Jakarta berlangsung di  Gedung Assesment Centre Kemenkes Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Sebanyak 166 orang tenaga kesehatan mengikuti seleksi hari kedua dengan rincian Medan sebanyak 41 peserta, Jakarta sebanyak 43 orang, Denpasar sebanyak 17 orang, Surabaya sebanyak 12 orang, Banjarmasin sebanyak 9 orang, Makassar sebanyak 44 orang. Hingga hari kedua pelasanaan Seleksi Nusantara Sehat Batch III jumlah peserta yang telah mengikuti sebanyak 362 orang. Sayangnya dari jumlah tersebut tenaga Dokter Umum dan Dokter Gigi yang ikut seleksi masih minim, tercatat haya ada 3 dokter umum dan 5 dokter gigi yang mengikuti psikotes selama dua hari ini.

Berdasarkan data dari Pusat Perencanaan dan Pendayagunaan SDM Kesehatan, sejumlah 1.254 peserta telah lolos pada seleksi online dan akan mengikuti serangkaian tahapan psikotest antara lain tes tertulis, Focus Group Discusion (FGD), dan interview. Dari jumlah tesebut diharapkan dapat memenuhi kuota sebesar 630 orang untuk dikirim ke Daerah Terpencil, Perbatasan, dan Kepulauan (DTPK) serta Daerah Bermasalah Kesehatan (DBK).

Kementerian Kesehatan untuk tahun 2016 menargetkan  pengiriman 130  tim tenaga kesehatan untuk menguatkan pelayanan  kesehatan di DTPK dan DBK. Setiap tim akan diisi 8 jenis tenaga kesehatan mulai dari dokter atau dokter gigi, perawat, bidan, tenaga gizi, tenaga kefarmasian, tenaga kesehatan lingkungan, tenaga kesehatan masyarakat, dan ahli laboratorium medik. Para peserta yang telah lolos tahap kedua nantinya akan mendapatkan pembekalan fisik dan materi-materi kesehatan.

 

Berita ini disiarkan oleh Bagian Hukormas, Sekretariat Badan PPSDM Kesehatan Kementerian Kesehatan RI. Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi nomor telepon : 021-7245517-72797302, faks: 021-7398852 atau alamat e-mail : bppsdmk@yahoo.co.id, humas_bppsdmk@yahoo.com

Bagikan