International Networking Alumni Forum Health Polytechnic Ministry of Health of the Republic of Indonesia

International Networking Alumni Forum Health Polytechnic Ministry of Health of the Republic of Indonesia

Forum Alumni yang diselenggarakan Direktorat Jenderal Tenaga Kesehatan pada Sabtu 8 April 2023 telah mengundang antusiasme dari para Mahasiswa dan Lulusan Poltekkes Kementerian Kesehatan. International Networking Alumni Forum Health Polytechnic Ministry of Health of the Republic of Indonesia dilaksanakan secara hybrid di Jakarta.

Pertemuan ini dilaksanakan dalam rangka menyusun Grand Design Kelas Internasional Poltekkes Kemenkes Tahun 2024 – 2030 sekaligus membangun jejaring alumni Poltekkes guna mensosialisasikan program serapan lulusan Poltekkes Kemenkes ke luar negeri.

Lebih dari 12 Narasumber dihadirkan di forum ini, Dalam dan Luar Negeri, Lintas Sektor, Sektor Swasta, Universitas, Mitra Pembangunan, diantaranya Kementerian Luar Negeri, Kementerian Keuangan, WHO Indonesia, BP2MI, Mitra penempatan tenaga kesehatan profesional Indonesia di Saudi Arabia, Jerman, Belanda dan Jepang, PPNI, Erbe GmbH Germany, Takeda Science Foundation Japan, Goethe Institute, Maastricht University Netherlands, Direktur Penyediaan Nakes dan Direktur Pendayagunaan Nakes,

Pertemuan ini dibagi dalam 3 sesi panel besar yaitu Sesi Panel 1 adalah Kuliah Pakar, Sesi Panel 2 Roadmap Kelas Internasional Poltekkes Kemenkes dan Sesi Panel 3 adalah Program Penempatan Tenaga Kesehatan Profesional Indonesia ke Luar Negeri. Dua luaran penting dari Forum Alumni Tahun ini adalah Soft Launching Grand Design Kelas Internasional Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Tahun 2024 – 2030 dan Buku Saku Pendayagunaan Perawat ke Luar Negeri.

drg. Arianti Anaya, MKM Direktur Jenderal Tenaga Kesehatan dalam sambutannya menjelaskan bahwa para diaspora lulusan Poltekkes yang telah bekerja di luar negeri merupakan tenaga kesehatan potensial dimana kontribusinya sangat membanggakan karena terbukti mampu bersaing dalam pelayanan kesehatan di luar negeri, dan ini membuktikan sistem pendidikan di Poltekkes Kemenkes mampu mencetak lulusannya bersaing di tingkat global. Melalui acara ini, diharapkan makin banyak lulusan Poltekkes Kemenkes yang penempatan di luar negeri sekaligus membangun jejaring yang kuat dan terstruktur diantara para Alumni Poltekkes Kemenkes. Forum ini juga bermanfaat untuk pengembangan program studi pendidikan kelas internasional Poltekkes.

Menkes Budi G. Sadikin pada sesi diskusi meminta agar program ini rutin dilakukan setiap tahun sebagai ajang berbagi informasi, pengalaman dan diskusi interaktif agar dapat memotivasi tenaga kesehatan Indonesia untuk meningkatkan minat dan mampu bersaing di tingkat global.

Bahan presentasi para Narasumber serta Dokumentasi kegiatan International Networking Alumni Forum Health Polytechnic Ministry of Health of the Republic of Indonesia dilaksanakan secara hybrid, Sabtu, 8 April 2023 dapat diunduh pada tautan berikut: https://link.kemkes.go.id/materiAlumniForum

Bagikan