Kemah Nasional Kesehatan III Malang Tahun 2016

Kemah Nasional Kesehatan III Malang Tahun 2016

HUMAS- Kamis, 12 Mei 2016, Kemah Nasional Kesehatan III tahun 2016 di Bumi Perkemahan Waduk Selorejo, Kecamatan Ngatang, Kabupaten Malang itu digelar oleh Politeknik Kesehatan (Poltekkes) Kementerian Kesehatan Malang, Kemah diikuti sebanyak 1.300 penegak dan pendega dari 33 kontingen daerah yang berasal dari gugus depan di Poltekkes Kemenkes, BBPK, dan Balai Pelatihan Kesehanan Nasional (Bapelkes). Tema yang diangkat “Tangguh Menghadapi Bencana”. Kegiatan ini diharapkan dapat mempererat rasa persatuan dan persaudaraan sesama anggota Pramuka di jajaran Kementerian Kesehatan serta membangkitkan jiwa rela menolong kepada sesama Pramuka Penegak dan Pramuka Pendega terutama di bidang kesehatn pada situasi bencana.

Gerakan Pramuka berperan membina anak dan pemuda Indonesia agar menjadi tenaga kader pembangunan kesehatan bermoral Pancasila, yang kuat dan sehat akan jasmani dan rohaninya. Kehidupan perkemahan mengedepankan sikap Core Camp ( Clean, On Time, Respectfull), dengan harapan warga perkemahan dapat melihat Dunia yang lebih luas melalui miniatur tata kehidupan perkemahan dan menjalankan prinsip Zero Waste  Camp dan Zero Accident.

Selain Menteri Kesehatan Prof. Dr. dr. Nila Djuwita F Moeloek Sp.M(K), juga hadiri Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf, Ketua Kwartir Nasional (Kakwarnas), Ketua Kwartir Daerah Jawa Timur, Kepala Badan PPSDM dan Unit Eselon I, Eselon II lainnya dilingkungan Badan PPSDM Kesehatan, Duta Pramuka (Olivia Zalianty,)

Menteri Kesehatan Republik Indonesia Prof. Dr. dr. Nila Djuwita F Moeloek Sp.M(K), memberikan perhatian pada penanganan demam berdarah dengue (DBD). Karena itu juga, dia mengingatkan kepada peserta Kemah Nasional untuk bahu membahu memberantas nyamuk penyebab DBD, melalui perkemahan seperti ini, harus belajar untuk mencegah kemudian membantu masyarakat.

Beliau berharap para peserta diberikan pemahaman terkait penanggulangan DBD maupun virus zika yang juga penularanya melalui nyamuk. Karena penyebaran virus zika sudah mewabah di Indonesia dengan pengetahuan yang diberikan, dapat menaggulangi bencanan penyakit, dan dapat memberikan kontribusi terhadap lingkungannya. Diharapkan peran Pramuka terhadap penanganan bencana penyekit lewat poltekkes ini menjadi gerakan nasional dan rutin dilaksanan.

Kemah ini berlangsung selama lima hari, mulai tanggal 11 s/d 15 Mei 2016, diharapkan menjadi salah satu upaya untuk membentuk  tenaga kader pembangunan dan ketrampilan dalam bidang kesehatan dan yang penting lagi karena bagian dari pembangunan nasional. Setelah kegiatan ini semoga peserta Kemnaskes III mampu memberikan kontribusi positif terhadap lingkungan dan masyarakat secara tepat berguna bagi dirinya dan bagi masyarakat di lingkungannya.

Berita ini disiarkan oleh Bagian Hukormas, Sekretariat Badan PPSDM Kesehatan Kementerian Kesehatan RI, Untuk Informasi lebih lanjut dapat menghubungi  melalui nomor : 021-7245517-72797302, Fax :   7398852 atau e-mail bppsdmk@yahoo.co.id , humas_bppsdmk@yahoo.com

 

Bagikan