Kerjasama Menteri Kesehatan dengan Menteri BUMN

Kerjasama Menteri Kesehatan dengan Menteri BUMN

Menteri  Kesehatan  Nila Farid Moeloek dan Menteri BUMN Rini M. Soemarno menandatangani nota kesepahaman (MoU) terkait Pendayagunaan dokter di rumah sakit yang di miliki oleh Badan Usaha Milik Negara. Penandatanganan dilakukan di Grand Ballroom lantai II Hotel Kempinski Jl. M. H. Thamrin No. 1 Jakarta Pusat,  Kamis  (22/3/2018).

Maksud dari penandatanganan nota kesepahaman ini adalah dalam rangka memenuhi kebutuhan pelayanan spesialistik serta pemahiran dan pemandirian dokter internsip di rumah sakit yang di miliki oleh Badan Usaha milik negara.

Ruang lingkup dari nota kesepahaman ini meliputi perencanaan kebutuhan dokter, pendayagunaan dokter spesialis melalui wajib kerja dokter spesialis (WKDS), penugasan khusus residen dan pemahiran dan pemandirian dokter internsip.

Nota kesepahaman ini berlaku untuk jangka waktu 3 (tiga) tahun dan mulai berlaku secara efektif sejak tanggal di tandatangani oleh Kementerian Kesehatan dan Kementerian BUMN

Dalam kesempatan tersebut juga di luncurkan Kartu Sehat BUMN memiliki enam fungsi. Pertama, sebagai kartu berobat bagi pegawai BUMN, dengan skema penjaminan (non-cash), komplemen terhadap penjaminan BPJS Kesehatan (top-up) yang ditopang oleh jaringan IT dari AdMedika dan asuransi BNI Life. Kedua, sebagai kartu berobat yang memberi akses ke layanan kesehatan menggunakan penjaminan BPJS Kesehatan.

Kartu sehat BUMN juga merupakan kartu Debit Combo pertama di Indonesia yang mencantumkan logo GPN atau program Gerbang Pembayaran Nasional (GPN) yang digagas oleh Bank Indonesia (BI) sebagai perwujudan integrasi dan intermediasi antar-bank.

Peluncuran Kartu Sehat BUMN tersebut ditandai dengan penandatanganan NotaKesepahaman (MoU) antara Direktur Utama Pertamedika-IHC Dr. Dany Amrul Ichdan, Direktur Hubungan Kelembagaan BNI Adi Sulistyowati, Plt Direktur Utama PT BNI Life Insurance Geger N Maulana, serta Direktur PT Administrasi Medika Hesti Nugrahani.

Acara tersebut menjadi salah satu bagian utama dalam acara Hari Ulang Tahun (HUT) Pertama Indonesia Healthcare Corporation  (IHC). Penandatanganan MoU tersebut disaksikan oleh Menteri Badan Usaha Milik Negara Rini M Soemarno, Menteri Kesehatan Nila Moeloek, dan Direktur Utama BNI Achmad Baiquni.

Menteri Kesehatan manaruh harapan agar sinergi rumah sakit BUMN melalui Holding BUMN berdampak positif terhadap pelayanan kesehatan khususnya di tingkat di tingkat rujukan, efisiensi pembiayaan kesehatan dan mutu serta pendaya gunaaan tenaga dokter mengingat rumah sakit di bawah BUMN mempunyai komitmen memberikan pelayanan kesehatan di rumah sakit sesuai aturan perundang-undangan.

Berita ini disiarkan oleh Bagian Hukormas, Sekretariat Badan PPSDM Kesehatan Kementerian Kesehatan RI. Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi melalui nomor telepon: 021-7245517-72797302, faks: 021-7398852 atau alamat e-mail humas_ppsdmk@yahoo.co.id

 

 

 

Bagikan