Kunjungan Kerja Menteri Kesehatan Ke Kabupaten Flores Timur

Kunjungan Kerja Menteri Kesehatan Ke Kabupaten Flores Timur

Larantuka – Kamis 17/7/2014) Ini merupakan kunjungan yang pertama kali Menteri Kesehatan dr. Nafsiah Mboi  diterima sangat antusias. Menteri Kesehatan berserta rombongan datang pada sisa waktu pengabdian yang tinggal 3 bulan pada masa pemerintahan Kabinet Indonesia Bersatu. Beliau menyampaikan apresiasi karena tidak mudah bekerja di daerah yang relatif terpencil dengan pulau-pulau yang cukup jauh. Berbagai tantangan harus dihadapi. Dan beliau bangga bahwa angka kematian ibu dan bayi sudah ada penurunan. Ada kemajuan. Itu membahagiakan saya. Tapi ini belum merata. Masih kurang karena masih ada bayi yang meninggal. Ibu sehat, bayi selamat dan sehat. Menyelamatkan ibu tidak cukup di hilir tapi harus menyeluruh. Dan harus mulai dari hulu. Kesehatan remaja, calon orang tua juga harus diperhatikan. Karena sebagian besar remaja tidak dipersiapkan untuk reproduksi maka menghasilkan ibu hamil yang tidak sehat.

Beliau mengatakan secara umum kebutuhan tenaga dokter dan medis lain di Flores Timur masih kurang. Namun untuk penempatan dokter di sejumlah Puskesmas Rawat Inap sudah hampir merata, “Kita terus berusaha memaksimalkan pelayanan kesehatan, termasuk penambahan dokter, karena untuk dokter kita masih kurang. Untuk para medis perlu peningkatan pendidikan.

Penyelenggaraan Program Pendidikan Jarak Jauh (PJJ) D III Keperawatan dan D III Kebidanan Poltekkes Kemenkes Kupang,  PJJ pada tahap awal diselenggarakan di 2 Kabupaten yaitu : Kabupaten Flores Timur untuk USBJJ D III Keperawatan dan Kabupaten Sumba Barat Daya untuk USBJJ D III Kebidanan. Pada kesempatan dr. Nafsiah Mboi  ini sekaligus meresmikan PJJ  khusus tenaga kesehatan yang bertempat di RSUD Larantuka dan memberikan secara simbolis kartu mahasiswa kepada 4 orang perwakilan dari mahasiswa. Dan dilanjutkan dengan peninjauan ruang kelas dan berdialog dengan mahasiswa/i yang berada di Poltekkes Kemenkes Kupang. Setelah usai menkes langsung menuju Kantor Dinas Kesehatan untuk mengunjungai langsung program 2H2 Center.

dr. Nafsiah Mboi  turut didampingi oleh  Kepala Badan PPSDM Kesehatan,  dr. Untung Suseno Sutarjo, M.Kes., Direktur Jenderal  Bina Gizi dan Kesehatan Ibu dan Anak dr.Anung Sugihantono, M.Kes.  Wakil Bupati Flores Timur Valentinus Tukan, SAP, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Flores Timur dr. Yosef Husen U Aman,  Kepala Pusat Pendidikan dan Pelatihan Tenaga Kesehatan drg. Usman Sumantri, M.Sc., Direktur Poltekkes Kemenkes Kupang Drs. Jefrin Simbara, Apt, MSi. Direktur Rumah Sakit Umum Daerah Emanuel Ileatan Lewar, S.Kep. MM dan staf dilingkungan  Badan PPSDM Kesehatan, Mahasiswa/i Poltekkes Kemenkes Kupang serta para pegawai dilingkungan RSUD Larantuka.

Berita ini disiarkan oleh Bagian Hukormas, Sekretariat Badan PPSDM Kesehatan Kementerian Kesehatan RI, Untuk Informasi lebih lanjut dapat menghubungi  melalui nomor : 021-7245517-72797302, Fax :   7398852 atau e-mail bppsdmk@yahoo.co.id , humas_bppsdmk@yahoo.com

      

Bagikan