KUNJUNGAN KERJA IBU MENTERI KESEHATAN R.I.

KUNJUNGAN KERJA IBU MENTERI KESEHATAN R.I.

AMBON, Minggu (11/5/2014).    Kunjungan  kerja Menteri Kesehatan (dr. Nafsiah Mboi, SpA,MPH) dalam rangka Rapat Kerja Kesehatan Daerah dengan jajaran pemerintah Daerah Provinsi Maluku, Menteri Kesehatan berkesempatan mengunjungi Puskesmas salah satu unit Pelaksana Teknis dilingkungan Kementerian Kesehatan RI.

Dalam kunjungannya Menteri Kesehatan melakukan peninjauan dan merasa sangat senang dan bangga karena salah satu Unit Pelaksana teknis di lingkungan Kementerian Kesehatan RI mempunyai gedung yang memiliki sarana dan prasarana yang cukup baik dan bagus, selanjutnya Menteri Kesehatan menyampaikan bahwa Percepatan Pembangunan Kesehatan di Provinsi Maluku sangat baik dari tahun ke tahun untuk menuju rakyat Maluku yang lebih sehat melalui penguatan sistem pelayanan kesehatan gugus pulau, Mantapnya Pembangunan Maluku yang rukun, Religius, Damai, Sejahtera, aman,  Berkualitas dan Demokratis dijiwai semangat Siwalima Berbasis Kepulauan secara berkelanjutan.

Untuk menuju rakyat Maluku yang lebih sehat melalui penguatan sistem pelayanan kesehatan gugus pulau Maluku menerapkan konsep gugus pulau dalam upaya Kesehatan. Untuk mengatasi ketrampilan dan meningkatkan akses masyarakat terhadap pelayanan yang bermutu dan komprehenshif, antara lain:

  1. Mendekatkan pelayanan kesehatan
  2. Meningkatkan mutu pelayanan
  3. Memperkuat jaringan pelayanan kesehatan, termasuk upaya rujukan dan manajemen pelayanan kesehatan
  4. Meningkatkan peran serta masyarakat
  5. Mengoptimalkan sumberdaya kesehatan, termasuk SDM

Penerapan gugus pulau harus didukung oleh penguatan sistem informasi kesehatan dan pemanfaatan teknologi tepat guna prioritas pembangunan 2014, antara lain:

a.   Percepatan Penanggulangan Kemiskinan dan Pengangguran

b.   Peningkatan Kualitas Pelayanan Pendidikan

c.   Peningkatan Kualitas Pelayanan Kesehatan dan Gizi Masyarakat

d.  Peningkatan Infrastruktur

e.  Peningkatan Iklim Investasi serta Pengembangan Usaha

f.   Peningkatan Ketahanan Pangan

g.  Reformasi Birokrasi, Pemantapan Demokrasi, Keamanan dan Ketertiban serta Kualitas perdamaian

h.  Penataan Ruang, Percepatan Pembangunan Daerah Tertinggal, Terdepan, Terluar dan Pengelolaan  

     Lingkungan Hidup dan Kawasan Rawan Bencana

i.   Pengembangan Kebudayaan, Kreativitas dan Inovasi Teknologi

 

Berita ini disiarkan oleh Bagian Hukormas, Sekretariat Badan PPSDM Kesehatan Kementerian Kesehatan RI, Untuk Informasi lebih lanjut dapat menghubungi  melalui nomor : 021-7245517-72797302, Fax :   7398852 atau e-mail bppsdmk@yahoo.co.id , humas_bppsdmk@yahoo.com.red /narso

 

 

 

Bagikan