Launching PROMO dan Duta PROMO Ditjen Nakes 2022

Launching PROMO dan Duta PROMO Ditjen Nakes 2022

“Hari ini Senin 4 April 2022, saya resmikan PROMO dan Duta PROMO Ditjen Nakes 2022, sebagai upaya Re-Branding, Sinergi dan Penguatan Kolaborasi di lingkungan Ditjen Nakes. Mari sama-sama kita dukung untuk kemajuan kita bersama, demikian pernyataan drg. Arianti”. Aldien Anisa Devin Mahasiswa Poltekkes Semarang, sebagai Putri Kampus Indonesia Sosmed 2022 dan Duta PROMO Ditjen Nakes 2022 turut berbagi pengalaman tentang apa yang telah lakukan secara aktif mempromosikan program kesehatan masyarakat, seperti stunting. Rapat Kerja dihadiri oleh kurang lebih 97 staf yang terdiri dari Sekretaris Ditjen Nakes, Sekretaris KKI, Sekretaris KTKI, Para Direktur di Kantor Pusat, Direktur Poltekkes, Kepala Balai dan Balai Besar Pelatihan Kesehatan, Pranata Humas yang ada di lingkungan Ditjen Nakes.

“Seiring dengan Transformasi Kesehatan kita perlu sama-sama mengubah cara kerja, tata kerja dan bahkan mindset yang melandaskan pada era digitalisasi, demikian disampaikan Drg. Arianti Anaya, MKM selaku Direktur Jenderal Tenaga Kesehatan dalam Rapat Kerja Direktorat Jenderal Tenaga Kesehatan, Senin 4 April 2022 secara daring”

Public Relation Opinion dan Marketing Office atau disingkat dengan PROMO merupakan sebuah gagasan untuk lebih aktif memperkenalkan seluruh program di lingkungan Direktorat Jenderal Tenaga Kesehatan, mengelola isu terkait Nakes yang berkembang di masyarakat, dan pengelolaan knowledge management melalui seminar, webinar dan berbagai forum ilmiah lainya. Konsep PROMO dikenalkan oleh Sugianto, SKM, M.Sc, PH, selaku Sekretaris Direktorat Jenderal Tenaga Kesehatan.

Dalam rangka penyebarluasan berbagai Kebijakan, Program dan Kegiatan maupun hasil-hasilnya tidak lagi cukup dengan upaya yang biasa-biasa saja, tapi harus luar biasa. Sebagai contoh, saat ini Ditjen Nakes sedang melakukan upaya pemenuhan Tenaga Kesehatan untuk seluruh Fasilitas Pelayanan Kesehatan di seluruh Indonesia melalui Program Diaspora. Wakil Menteri Kesehatan melakukan roadshow ke banyak Perwakilan RI yang ada di Luar Negeri, diantaranya Jerman, Inggris, Amerika Serikat dan Belanda guna menyampaikan agenda transformasi kesehatan termasuk Health Talent Pool. Pemerintah Menginisiasi Program Diaspora Kesehatan untuk dapat didayagunakan melalui Program Adaptasi Dokter Spesialis WNI Lulusan Luar Negeri atau melalui Program Diaspora yang sifatnya temporary seperti menjadi dosen tamu, narasumber webinar di Politeknik Kesehatan (Poltekkes), Balai Pelatihan Kesehatan ataupun RS vertikal yang tersebar di seluruh Indonesia.

Gagasan re-branding, sinergi dan penguatan kolaborasi yang baik di lingkungan Ditjen Nakes baik kantor pusat maupun UPT diharapkan dapat menjawab kebutuhan dan tantangan PROMO di era digitalisasi. Harapannya dengan adanya Tim PROMO seluruh UPT memahami konsep PROMO Ditjen Nakes sekaligus mereplikasikan di lingkungan satuan kerjanya; mempersiapkan transformasi terkait pengelolaan promosi di era digital, dan mengalokasikan sumber daya untuk mendukung kegiatan-kegiatan tersebut.

Bagikan