Lulusan Poltekkes dengan Soft Skill dan Emotional Quotient-nya

Lulusan Poltekkes dengan Soft Skill dan Emotional Quotient-nya

 Pada tanggal 25 dan 26 Agustus 2015 Poltekkes Kemenkes Medan menggelar Sidang Senat terbuka untuk umum dalam rangka mewisuda lulusan mahasiswa/wi- nya tahun ajar 2014/2015. Seperti yang dilaporkan oleh Pembantu Direktur I, Soep SKp, M.Kes bahwa Mahasiswa/wI yang lulus pada tahun 2015 ini sebanyak 907 orang, pelaksanaan wisudanya dibagi menjadi 2 gelombang. Pada gelombang I tepatnya tanggal 25 Agustus 2015 diwisuda sebanyak 417 mahasiswa/wI yang berasal dari lulusan Diploma III Kesehatan Jurusan Kebidanan Medan 122 orang, Kebidanan Pematang Siantar 98 orang, Kebidanan Padang Sidempuan 95 orang, dan Keperawatan sebanyak 102 orang.

Selanjutnya wisuda gelombang II pada tanggal 26 Agustus 2015 diwisuda sebanyak 490 orang wisudawan/wati lulusan Diploma III Kesehatan Jurusan Analis Kesehatan 99 orang, Jurusan Farmasi 98 orang, Jurusan Gizi 65 orang,Jurusan Keperawatan Gigi 93 orang dan Jurusan Kesehatan Lingkungan 105”, lapornya.

Pejabat Eselon II Badan PPSDM Kesehatan yang mengambil sumpah wisudawan/wati lulusan Poltekkes Kemenkes Medan adalah Kepala Pusdiklat Aparatur Suhardjono, SE, MM mewakili Kepala Badan PPSDM Kesehatan, pada acara tersebut dihadiri pula Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Utara yag diwakili oleh Kabid Bina Pengembangan SDM Kesehatan Dinkes Sumut Ridesman, SH, M.Kes, Para Direktur Rumah Sakit (Lahan Praktik), PPK Poltekkes Kemenkes Medan Zainudin Harahap, SKM, M.Kes, Pudir I Soep, SKp, M.Kes, Pudir II Nelson Tanjung, SKM, M.Kes, Pudir III Dra. Ernawaty, Apt, MSi, Ketua Jurusan dan Prodi Poltekkes Kemenkes Medan.

Pada sambutannya Suhardjono SE, MM mengatakan bahwa pada saat ini Kementerian Kesehatan masih membutuhkan banyak sekali Tenaga Kesehatan (Nakes) untuk ditempatkan pada Puskesmas diseluruh wilayah NKRI khususnya di daerah perbatasan dan terpencil yang akan bergabung dengan TIM Nusantara Sehat.

Diharapkan lulusan Poltekkes Kemenkes Medan dapat memenuhi kebutuhan Nakes di Provinsi Sumatera Utara khususnya dan harus lulus ujian kompetensi profesi guna memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat “, ujarnya.

Direktur Poltekkes Kemenkes Medan Dra. Ida Nurhayati, M.Kes pada kesempatan yang sama beliau mengatakan bahwa keunggulan lulusan Poltekkes Kemenkes tahun 2015 ini lebih mengedepankan Soft Skill dan Emotional Quotient lulusan dan alumninya nantinya lebih cerdas dalam hal berkomunikasi, profesi, kerjasama, care, memiliki empati dan bertanggungjawab. Dapat memenuhi kebutuhan Nakes di Sumatera Utara dan di wilayah Indonesia melalui Program Mandiri dan Program Nusantara Sehat.”, katanya.

       

Bagikan