Masyarakat Batang Palopo Luwu Komitmen Laksanakan Germas

Masyarakat Batang Palopo Luwu Komitmen Laksanakan Germas

Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) tidak henti-hentinya disosialisasikan oleh Kementerian Kesehatan  kepada masyarakat. Melalui Unit Eselon I Kementerian Kesehatan  Badan Pengembangan dan Pemberdayaan SDM Kesehatan (BPPSDMK)  sosialisasi Gerakan Masyarakat Hidup Sehat terus dilaksanakan di pelosok daerah baik panitia pelaksananya dari pusat-pusat maupun maupun UPT  seperti Balai Besar Pelatihan Kesehatan (BBPK),, Balai Pelatihan Kesehatan (Bapelkes) dan Politeknik Kesehatan Kemenkes.  Rencananya di tahun ini Badan PPSDM Kesehatan  akan melakukan sosialisasi ke 161 lokasi dan sudah harus selesai terkhir tanggal 10 April 2019..

Kali ini giliran Puslat SDM Kesehatan mendapatkan giliran untuk mensosialisasikan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat ( Germas) ke daerah Kelurahan Batang, Kota Palopo kabupaten Luwu , Sulawesi Selatan. Dipimpin oleh Nusli Imansyah Kepala Bidang Pengembangan Pelatihan dengan stafnya pada tanggal 21 Maret 2019 dengan menggandeng mitra kerja Anggota Komisi IX DPR, drg drg. Andi Fauziah Pujiwatie Dapil Kabupaten Luwu mengadakan sosialisasi Germas.

Nusli Imansyah menerangkan jika Germas sendiri dilakukan guna mengajak masyarakat supaya berperilaku hidup sehat, pasalnya, penyakit tidak menular semakin hari semakin bertambah. Diabetes, Jantung, Hipertensi dan Kanker. Untuk kanker sendiri menduduki peringkat pertama, hipertensi dan diabetes melitus menduduki peringkat kedua, dan jantung ada di peringkat ketiga.

"Karena penyakit tidak menular semakin tahun makin meningkat. Penyakit menularnya belum habis, penyakit tidak menular yang makin meningkat," ungkapnya. Dia menjelaskan jika penyebab dari penyakit tidak menular ini sendiri yakni kurangnya aktivitas fisik, kurangnya makan sayur dan buah serta masih banyak masyarakat yang tidak cek kesehatan karena merasa badannya sehat.

Anggota DPR RI, Andi Fauziah  menyebutkan jika masyarakat sendiri harus rajin untuk makan sayur buah. "Padahal kita tahu kalau kita sehat atau tidak dibuktikan dengan cek kesehatan. Kita lihat sekarang, banyak anak remaja, anak kecil jarang makan sayur, jarang makan buah, dengan Germas bagaimana caranya orangtua memotivasi anaknya untuk makan sayur dan buah. Orangtua banyak yang suka sayur anaknya yang kurang makan sayur dan buah," ungkapnya.

Yang mana, makan sayur dan buah ini dilakukan dengan tiga porsi nasi (saat makan selalu menggunakan sayur) dan dua porsi buah di pagi dan sore hari. Selain itu, masyarakat juga harus rajin aktivitas fisik minimal 30 menit sehari.

Dia juga mengatakan jika seseorang malas untuk beraktivitas fisik, maka otot jantungnya tidak kuat dan sirkulasi oksigen pada darah jadi kurang bagus. Andi Fauziah  menjelaskan jika cek kesehatan 6 bulan sekali juga harus dilakukan. Hal tersebut untuk melakukan pencegahan dini. "6 bulan sekali cek kesehatan di laboratorium. Contoh, pemeriksaan tensi darah, berapa jumlah gula darah, kira-kira kena diabetes melitus atau tidak. Berapa kolesterol kita. Nanti kalau tahu hasilnya tahu maka bisa segera diperbaiki. Kalau nanti sampai stroke, ekonomi keluarga tidak ada. Kalau tahu hipertensi, ya harus mengurangi makanan penyebab hipertensi," katanya. Lebih lanjut, Fauziah mengatakan jika banyak orang yang mengalami serangan jantung maupun stroke di bawah usia 50 tahun.

"Kita mengajak masyarakat, daripada untuk beli rokok, maka lebih baik untuk beli sayur, buah. Masih banyak orangtua yang merokok bahkan sekarang perokok pemula meningkat. Dengan Germas, kita sosialisasikan, jangan merokok dalam rumah, jangan merokok di ruangan, jangan di tempat pertemuan, karena racunnya rokok tidak hanya pada yang merokok, tapi juga pengaruh buruk ke yang bukan perokok. Itu jauh lebih bahaya daripada yang merokok," ungkapnya

Berita ini disiarkan oleh Bagian Hukormas, Sekretariat Badan PPSDM Kesehatan Kementerian Kesehatan RI. Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi melalui nomor telepon: 021-7245517-72797302, faks: 021-7398852 atau alamat e-mail humas_bppsdmk@yahoo.com

Bagikan