Masyarakat Kota Sukabumi Antusias Mengikuti Sosialisasi Germas

Masyarakat Kota Sukabumi Antusias Mengikuti Sosialisasi Germas

Sukabumi,  Pemerintah  Daerah  Kota Sukabumi Provinsi Jawa Barat berkomitmen untuk terus menggerakan  Gerakan Hidup Sehat (Germas) di Jawa Barat,  yang dicanangkan oleh Pemerintah Pusat melalui Kementerian Kesehatan. Sosialisasi dilaksanakan pada tanggal 21 Maret 2018 yang bertempat Gedung Olah raga Cemerlang, Sukakarya Sukabumi Jawa Barat. 

Untuk mewujudkan GERMAS, masyarakat harus disadarkan dengan perilaku hidup sehat. Caranya, melalui peningkatan aktivitas fisik, penyediaan pangan sehat dan percepatan perbaikan gizi, serta peningkatakan kualitas lingkungan.

"Kesehatan yang kita inginkan adalah kesehatan jasmani, rohani dan akal pikiran," Selain itu, makanan yang dikonsumsi juga harus Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman (B2SA). "Ke depan, kami juga ingin makanan-makanan bebas dari residu sehingga tidak membahayakan tubuh kita,".

Program Germas ini diperkuat melalui Instruksi Presiden Nomor 1 tahun 2017 tentang Gerakan Masyarakat Hidup Sehat. Germas adalah suatu tindakan yang terencana yang dilakukan secara bersama-sama oleh seluruh komponen bangsa dengan kesadaran, kemauan dan kemampuan berperilaku hidup sehat untuk meningkatkan kualitas hidup. Oleh karena itu melalui Germas diharapkan dapat tercapai produktivitas dan kualitas hidup masyarakat yang meningkatkat serta turunnya beban biaya pelayanan kesehatan.

Sekretaris Dinas Kesehatan Kota Sukabumi Andang Tjahjandi, ST, MKM mengatakan Saat ini, Indonesia tengah menghadapi tantangan yang serius kontek terdjadinya perubahan pola penyakit yakni triple burden, karena masih adanya penyakit infesksi, meningkatnya penyakit tidak menular (PTM) dan penyakit-penyakit yang seharusnya sudah teratasi muncul kembali seperti, ISPA, Tuberkulosis dan Diare. Namun perubahan gaya hidup masyarakat menjadi salah satu penyebab terjadi pergeseran pola penyakit (transisi epidemiologi), sehingga pada tahun 2015, PTM seperti stroke, Penyakit jantung koroner (PJK), Kanker dan diabetes justru menduduki peringkat tertinggi.

Meningkatnya PTM dapat menurunkan produktivitas sumber daya manusia, bahkan kualitas generasi bangsa. Oleh karena itu, Kementerian Kesehatan melalui Dinas Kesehatan kota Sukabumi secara khusus mengingatkan masyarakat untuk menjaga kesehatan melalui gerakan masyarakat hidup sehat (germas) guna mewujudkan Indonesia Sehat.

Badan Pengembangan dan Pemberdayaan Sumber Daya Manusia Kesehatan Kemenkes RI yang diwakili oleh Kepala Bidang Analisis Kompetensi dan Kebutuhan Pelatihan (Puslat SDMkes) Dedeh Sya’adah, SKM, MKM mengatakan Germas dapat dilakukan dengan cara melakukan aktifitas fisik, mengonsumsi sayur dan buah-buahan, tidak merokok, tidak mengonsumsi alkohol, memeriksa kesehatan secara rutin, membersihkan lingkungan, dan menggunakan jamban sehat. Beliau juga mengingatkan Germas harus dimulai dari diri sendiri dan keluarga.

Dalam sambutannya dr. Ribka Tjiptaning P, AKK (Anggota DPR RI Komisi IX) mengucapkan salam dan terima kasih kepada warga kota Sukabumi yang telah memilihnya. Kota Sukabumi adalah penghasil sayur-sayuran dan buah-buahan. Beliau menyampaikan pelayanan kesehatan tidak melulu dilakukan oleh pihak kesehatan tetapi semua warga dan masyarakat,  pembangunan kesehatan harus dilakukan oleh seluruh komponen bangsa. Beliau menambahkan warga sukabumi harus banyak makan sayur dan buah-buahan karena makanan yang mahal belum tentu sehat, tetapi makanan yang murah selalu sehat dan bergizii (seperti sayur singkong, sayur sop dan buah-buahan) yang ada di kota sukabumi. Karena itu, untuk mencapai Indonesia sehat, pemerintah daerah perlu memastikan tersedianya layanan kesehatan terstandar bagi seluruh masyarakat.

Penandatanganan Komitmen Bersama yang dilakukan oleh dr. Ribka Tjiptaning P, AKK (Anggota DPR RI Komisi IX), Sekretaris Dinas Kesehatan Kota Sukabumi (Andang Tjahjandi, ST, MKM), Dedeh Sya’adah, SKM, MKM (Kepala Bidang Analisis Kompetensi dan Kebutuhan Pelatihan), Promosi Kesehatan dan PM Dinkes Kota Sukabumi, Tokoh Masyarakat,  Posyandu Kenanga , Ketua Fraksi DPD Kota Sukabumi, Para Ketua RT, para Karang Taruna,   Sekjen PPLH Kota Sukabumi, peserta yang hadir kurang lebih 300 orang  berkaitan dengan komitmen Indonesia dalam pembangunan berkelanjutan.

Dia berharap dengan komitmen GERMAS ini masyarakat dapat lebih peduli dengan kesehatan. “Mengenali sumber daya dan potensi lokal yang dimiliki masyarakat untuk mencapai hidup sehat.

Berita ini disiarkan oleh Sub Bagian Advokasi Hukum dan Humas Sekretariat Badan PPSDM Kesehaan. Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi telephone (021) 724 5517 – 72797302 , fax 739 8852

Bagikan