Menkes Anugerahkan Tanda Penghargaan Gerakan Pramuka

Menkes Anugerahkan Tanda Penghargaan Gerakan Pramuka

Menkes dr. Nafsiah Mboi, Sp.A  MPH menyematkan Lencana tanda penghargaan pada Pimpinan Saka Bakti Husada Tingkat Nasional di Auditorium Prof. dr. GA Siwabessy Lt. 2. Kemenkes

 

Jakarta, 22/08/2014, Menteri Kesehatan Nafsiah Mboi, Sp.A, MPH, selaku Ketua Majelis Pembimbing Nasional Satuan Karya Pramuka Bakti Husada yang didampingi  Ketua Kwarnas Dr. Adhyaksa Dault, SH, M.Si. memberi penghargaan kepada 15 orang Pimpinan Saka Bakti Husada Tingkat Nasional.

Tanda Penghargaan pramuka yang diberikan berupa Lencana Dharma Bakti,  Lencana Pancawarsa I dan Lencana Pancawarsa  yang diberikan kepada :

1.      dr.  Anung Sugihantono, M.Kes.                                 

2.      dr. Supriyantoro, Sp.P MARS,                                   

3.      dr. Ratna Rosita, MPH                                               

4.      dr. Asjikin Iman Hidayat Dachlan, MHA                   

5.      dr. Yudi Prayudha

6.      dr. Untung Suseno Sutarjo, M.Kes

7.      dr. H. Andi Muhadir, MPH

8.      dr. DesakMade Wismarini, MKM

9.      drg. Usman Sumantri, M.Kes.

10.    Drs. Bayu Teja Muliawan, M.Pham, MM, Apt.

11.    drh. Wilfried Hasiholan Purba, MM, M.Kes.

12.    drg. KartiniRustandi, M.Kes.

13.    Dr. Ir. Bambang Setiaji, M.Kes,

14.    Sugiharto, SKM, M.Kes.

15.    Febrima Wulan, SKM

Sejak berdiri 29 tahun lalu tepatnya tanggal 17 Juli 1985, hingga kini SBH sebagian dari Kemenkes dan Gerakan Pramuka perannya telah dapat dirasakan sebagai role model kaum muda berperilaku hidup bersih dan Sehat (PHBS).  Saka Bakti Husada juga berhasil mencitrakan kaum muda yang tidak merokok dan anti narkoba. Selain itu, SBH juga menjadi kader kesehatan yang berperan dalam pendidikan sebaya di lingkungan gugus depan dan atau unit pangkalan kegiatan SBH di berbagai lokasi di daerah.

Dewasa ini Anggota Pramuka Saka Bakti Husada makin meningkat dan tersebar di seluruh provinsi serta kabupaten/kota di Indonesia. Saat ini Anggota Pramuka Saka Bakti Husada diperkirakan berjumlah sekitar 600.000 orang atau dua setengah persen dari seluruh anggota Pramuka yang berjumlah 22 juta orang.

Dalam sambutannya Menkes mengatakan peranan pimpinan SBH mulai tingkat nasional hingga cabang di kabupaten/kota sangat strategis dalam memasukkan materi kesehatan dalam berbagai kegiatan kepramukaan. Sebagi pejabat dan pengelola program kesehatan tentu sangat peduli untuk menjadikan setiap orang dapat mampu hidup sehat, SBH sebagai bagian dari Gerakan Pramuka dan Kemenkes, tentu dapat didayagunakan dalam menybarluaskan pemahaman hidup sehat khususnya bagi kaum muda dan masyarakat umumnya.

Pada kesempatan tersebut, Menkes juga mengucapkan terima kasih kepada Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka atas penganugerahan perghargaan Gerakan Pramuka yang diberikan kepada Pimpinan Saka Bakti Husada Tingkat Nasional oleh Bapak Presiden RI pada Hari Ulang Tahun Pramuka tanggal 14 Agustus 2014 lalu. Penghargaan ini diberikan kepada almarhum Ibu Endang Rahayu Sedyaningsih mantan Menkes, dan Ibu Nafsiah Mboi sebagai Menkes saat ini.

 

    

Bagikan