PELANTIKAN TIM NUSANTARA SEHAT

PELANTIKAN TIM NUSANTARA SEHAT

Jakarta,30/04/2015 – Menkes Prof. dr. Nila F. Moeloek, Sp.M(K) melantik 143 orang peserta Tim Nusantara Sehat tahap I tahun 2015, di Kantor Badan PPSDM Kesehatan Jakarta. Nusantara sehat merupakan sebuah program pendayagunaan secara khusus tenaga kesehatan berbasis tim dalam kurun waktu tertentu dengan jumlah dan jenis tertentu. Program ini bertujuan meningkatkan akses dan mutu pelayanan kesehatan pada fasilitas Pelayanan Kesehatan di daerah tertinggal, Perbatasan, Kepulauan dan Daerah Bermasalah Kesehatan.

Menkes menegaskan, Tim Nusantara Sehat membawa satu pesan penting kepada saudara sebangsa di titik terdepan negeri ini. Melalui tim ini negara hadir di sana dengan pendekatan yang holistic, mengayomi dan memberikan fasilitas nyata agar masyarakat menjadi tangguh, mandiri dan berkualitas.

Tahap pertama tahun 2015 ini Tim NS akan di bagi dalam 20 tim untuk bertugas di 20 Puskesmas yang menyebar di 9 Propinsi dan 19 Kabupaten mulai dari Kabupaten Simeuleu di propinsi Aceh hingga Kabupaten Boven Digoel di propinsi Papua. Kesembilan Provinsi yang akan di tempati tim NS adalah Aceh, Bengkulu, NTT, Kalbar, Kaltim, Kaltara, Sulut, Maluku dan Papua.

“Yang lulus sebanyak 630 orang dan seleksi tahap 2 (Direct Assessment meliputi psikotes, Focus Group Discussion, wawancara) diikuti oleh 284 orang dan yang lulus menjadi Tim Nusantara Sehat sebanyak 143 orang terdiri dari dokter 12 orang, perawat20 orang, bidan 20 orang, tenaga kesehatan lingkungan 20 orang, tenega kesehatan masyarakat 20 orang, tenaga kefarmasian 15 orang, ahli teknologi laboratorium medic 16 orang, dan tenaga gizi 20 orang,” lanjut Menkes dalam sambutannya. (sig/herl/lus/ian)

Berita ini disiarkan oleh Bagian Hukormas, Sekretariat Badan PPSDM Kesehatan Kementerian Kesehatan RI. Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi melalui nomor telepon: 021-7245517-72797302, faks: 021-7398852 atau alamat       e-mail humas_ppsdmk@yahoo.co.id

   

  

Bagikan