Pelatihan Untuk Pelatih (TOT) Bagi Dosen Dokter Layanan Primer Tahun 2014

Pelatihan Untuk Pelatih (TOT) Bagi Dosen Dokter Layanan Primer Tahun 2014

CILOTO (24/11/2014) – Balai Besar Pelatihan Kesehatan Ciloto menyelenggarakan kegiatan pelatihan bagi dosen dokter layanan primer Tahun 2014 dilaksanakan di Gedung Chandradimuka BBPK Ciloto. Acara dibuka oleh Kepala Pusat Pendidikan dan Pelatihan Aparatur Suhardjono, SE, MM mewakili Kepala Badan Pengembangan dan Pemberdayaan Sumber Daya Manusia Kesehatan. Beliau menyampaikan tentang paradigma pelayanan kesehatan di Indonesia sebagai ujung tombak pelayanan kesehatan. Dokter yang bekerja di layanan primer diharapkan menjadi gatekeepe dalampelayanan kedokteran tingkat pertama pada sistem jaminan kesehatan, dan menjadi pelaksana utama pelayanan kedokteran keluarga. Berdasarkan Undang-Undang  Pendidikan Kedokteran No.20 tahun 2013, dokter di Indonesia terdiri dari dokter, dokter spesialis-subspesialis. Pemisahan antara dokter layanan dan dokter layanan primer setara spesialis karena adanya perbedaan kompetensi antara dokter yang diluluskan oleh program studi pendidikan dokter dengan dokter yang bekerja di layanan primer.

Berdasarkan data Konsil Kedokteran Indonesia, sampai dengan bulan April 2014 ada sebanayk 96.505 orang. dokter dan 25.195 orang dokter spesialis. Untuk dokter praktik umum yang bekerja di layanan primer diharapkan dapat meningkatkan kompetensinya menjadi dokter layanan primer (DLP).

Berita ini disiarkan oleh Bagian Hukormas, Sekretariat Badan PPSDM Kesehatan Kementerian Kesehatan RI. Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi nomor telepon : 021-7245517-72797302, faks: 021-7398852 atau alamat e-mail : bppsdmk@yahoo.co.id, humas_bppsdmk@yahoo.com

 

        

Bagikan