Pembekalan dan Pelepasan peserta Tugas Belajar SDM Kesehatan Provinsi Papua

Pembekalan dan Pelepasan peserta Tugas Belajar SDM Kesehatan Provinsi Papua

    

JAYAPURA,(20/21/10/14)-Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Papua, drg. Aloysius Giay, M.kes dalam sambutannya di Grand Abe Hotel, Abepura menyampaikan dengan diberlakukannya sertifikasi dan akreditasi untuk lembaga pendidikan maupun tenaga profesi, maka status pendidikan yang dulunya hanya SPK(Sekolah Perawat Kesehatan) saat ini sudah harus naik minimal menjadi Diploma III (D3) atau Strata 1 (S1).

Dalam rangka meningkatkan Kompetensi serta Kapasitas Sumber Daya Manusia Kesehatan yang berkualitas di setiap penjuru Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) serta dalam rangka mendukung Peraturan Presiden RI Nomor 65 Tahun 2011 tentang Percepatan Pembangunan Provinsi Papua dan Provinsi Papua Barat, Kementerian Kesehatan RI melalui Badan PPSDM Kesehatan yaitu Pusat Standarisasi, Sertifikasi dan Pendidikan Berkelanjutan SDM Kesehatan bekerja sama dengan Unit Percepatan Pembangunan Papua dan Papua Barat (UP4B) dan juga Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) telah menyelenggarakan Program Tugas Belajar bagi tenaga kesehatan Bidan, Gizi dan Sanitarian yang bekerja di rumah sakit dan puskesmas untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang Diploma III.

Lesman Tabuni, SKM. MM selaku Kepala Bidang Pengembangan SDM Kesehatan Daerah Provinsi Papua melaporkan bahwa kegiatan ini telah melalui tahap pengrekrutan calon peserta tugas belajar, ujian tertulis, dan penetapan tempat Tugas Belajar. Beliau juga menjelaskan bahwa dari perekrutan pertama ada 129 orang yang terdaftar, kemudian dari seleksi yang dilakukan akhirnya terjaring 102 orang Peserta. Mereka akan dididik selama 2 tahun di mana ada 83 peserta dari Kebidanan, 10 peserta dari Kesehatan Lingkungan, 6 peserta dari Gizi, 3 peserta dari Analis Kesehatan dengan lokasi studi di Poltekkes Kemenkes Jayapura sebanyak 52 Peserta, Sorong 2 peserta dan Yogyakarta sebanyak 43 peserta. Pembekalan dan Pelepasan oleh Pemerintah Pusat dan Dinas Kesehatan Provinsi dilakukan pada 17 - 18 Oktober di Manokwari dan 20 – 21 Oktober 2014 di Jayapura dan dilaksanakan di Aula Dinas Kesehatan Setempat.

 Kepala Sub Bidang Program Pusat Standarisasi, Sertifikasi dan Pendidikan Berkelanjutan Badan Pengembangan dan Pemberdayaan SDMK Kementerian Kesehatan, dr. Jefri Thomas Alpha Edison berharap ke depannya jumlah ini bisa terus meningkat. sebab komitmen Kementerian Kesehatan  adalah bagaimana menyiapkan tenaga kesehatan di lapangan yang mampu mengaplikasikan kemampuannya dengan maksimal.

Turut serta hadir dalam acara ini Direktur Poltekkes Kementerian Kesehatan Jayapura Ishak Jurun Hans Tukayo, S.Kp, M.Sc bersama Pudir I Poltekkes Jayapura untuk memberikan pembekalan materi pengenalan Poltekkes dan sambutan berupa kata kata yg menyemangati para peserta untuk menimba ilmu sebanyak banyaknya selama mengikuti program ini. agar menjadi perintis awal dalam menjamin mutu pelayanan mulai dari pelayanan rujukan, pelayanan kesehatan dasar di rumah sakit maupun pustu dan Puskesmas di daerah asal peserta.

Berita ini disiarkan oleh Bagian Hukormas, Sekretariat Badan PPSDM Kesehatan Kementerian Kesehatan RI. Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi nomor telepon : 021-7245517-72797302, faks: 021-7398852 atau alamat e-mail : bppsdmk@yahoo.co.id, humas_bppsdmk@yahoo.com

     

Bagikan