Pertemuan Koordinasi Pengelola Pendidikan Tenaga Kesehatan Nasional 2014

Pertemuan Koordinasi Pengelola Pendidikan Tenaga Kesehatan Nasional 2014

YOGYAKARTA (1/10) – Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Badan Pengembangan dan Pemberdayaan Sumber Daya Manusia Kesehatan dr. Sri Henni Setiawati, MHA secara resmi membuka Pertemuan Koordinasi Pengelola Pendidikan Tenaga Kesehatan (Perkonas) Tahun 2014 di Hotel Sheraton Yogyakarta. Pertemuan tahunan yang digagas oleh Pusat Pendidikan dan Pelatihan Tenaga Kesehatan Kementerian Kesehatan tersebut dihadiri para Direktur, Pembantu Direktur dan Ketua Jurusan / Program Studi Poltekkes Kemenkes dari seluruh Indonesia. Turut hadir pula dalam pertemuan ini para pejabat esselon II, II, dan IV di lingkungan Badan PPSDM Kesehatan, sumber dari Kepala Biro Kepegawaian Setjen Kemenkes, Direktur Pembelajaran dan Kemahasiswaan Ditjen Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, serta Kepala Dinas Kesehatan Daerah Istimewa Yogyakarta.   

Dalam sambutannya beliau menekankan pentingnya acara Perkonas terutama apabila dikaitkan dengan berbagai perkembangan regulasi dan kebijakan yang terjadi saat ini serta arah ke depan yang harus dicapai oleh Kementerian Kesehatan. .Tujuan itu berkaitan dengan tersedianya SDM Kesehatan yang kompeten sesuai kebutuhan, distribusi secara adil dan merata, serta pendayagunaan tenaga kesehatan secara optimal dalam mendukung penyelenggaraan pembangunan kesehatan. Hal ini sesuai juga dengan data yang dirilis oleh WHO bahwa 80% keberhasilan pembangunan ditentukan oleh SDM kesehatan

Koordinasi antar pengelola tenaga kesehatan dibutuhkan untuk mendukung pencapaian pembangunan kesehatan. Plt Kabadan berharap bahwa nantinya ada sinergi yang kuat sehingga pemerintah dapat memiliki data yang konkret tentang ketersediaan tenaga kesehatan dan distribusinya. Selain itu perlu juga dilakukan pendataan jumlah lulusan Poltekkes Kemenkes di instansi pemerintah yang berprestasi sehingga mampu mendorong lulusan lain untuk ikut meningkatkan kualitas dan kompetensi diri.   

Pertemuan koordinasi tahun ini mengusung tema “Melalui Pertemuan Koordinasi Nasional Kita Tingkatkan Kebersamaan Dalam Pencapaian Kinerja Poltekkes” Tema tersebut mewakili harapan yaitu Poltekkes tetap menonjolkan karakteristik masing-masing, namun harus ada satu tujuan bersama agar pengembangan dan pemberdayaan SDM kesehatan lebih maksimal. Koordinasi tidak hanya melibatkan Poltekkes Kemenkes semata namun juga melibatkan intitusi pendidikan tenaga kesehatan yang lain. Ke depan tantangan juga lebih besar mengingat akan dimulainya ASEAN Community 2015.

Acara Perkonas yang diselenggarakan antara 1 - 3 Oktober 2014 ini membahas seputar langkah-langkah untuk menjalin koordinasi antara pengelola pendidikan kesehatan, peningkatan kualitas tenaga kesehatan melalui uji kompetensi, optimalisasi penerapan Tri Dharma perguruan tinggi terutama pada aspek penelitian dan pengabdian masyarakat, pemanfaatan lulusan Diploma IV Poltekkes, serta pemberian pelatihan-pelatihan yang sesuai dengan tuntutan dinamika kesehatan baik di dalam maupun luar negeri. Selain pemaparan materi dari sejumlah narasumber diadakan pula diskusi dengan para peserta dari 38 Poltekkes.

Berita ini disiarkan oleh Bagian Hukormas, Sekretariat Badan PPSDM Kesehatan Kementerian Kesehatan RI. Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi nomor telepon : 021-7245517-72797302, faks: 021-7398852 atau alamat e-mail : bppsdmk@yahoo.co.id, humas_bppsdmk@yahoo.com

      

Bagikan