Pusdik SDM Kesehatan Mendukung Poltekkes Kemenkes go International

Pusdik SDM Kesehatan Mendukung Poltekkes Kemenkes go International

Politeknik Kesehatan Kemenkes RI (Poltekkes Kemenkes) merupakan institusi pendidikan di bawah naungan Kementerian Kesehatan dan tersebar di seluruh Provinsi di Indonesia. Poltekes Kemenkes mencetak 21 jenis tenaga kesehatan  (bidang keperawatan, kebidanan, keperawatan gigi, farmasi, jamu, analisis farmasi dan makanan, kesehatan lingkungan, gizi, teknologi laboratorium medis, fisioterapi, okupasi terapi, terapi wicara, akupunktur, teknik gigi, perekam medis  dan informasi kesehatan, teknik radiologi dan radioterapi, teknik elektro medik, ortotik prostetik, promosi kesehatan, asuransi kesehatan dan teknologi bank darah) yang berkualitas dan mampu berpartisipasi dalam dunia kesehatan global. Dalam satu tahun, Poltekkes Kemenkes  mendidik ± 66 Ribu mahasiswa dan menghasilkan sekitar 22 ribu tenaga kesehatan terampil dibidangnya.  Banyak inovasi dan penelitian yang sudah dihasilkan dari para tenaga pengajar serta mahasiswa di Poltekkes Kemenkes yang bisa memberikan manfaat bagi pembangunan kesehatan di Indonesia. Poltekkes Kemenkes mengembangkan pusat unggulan di bidang : 1) Pangan, stunting, dan jamu; 2) Penyakit tidak menular; 3) Kesehatan ibu dan anak; 4) Keperawatan dan Keteknisian medis; 5) Penyakit tropis dan malaria; 6) Pemberdayaan  masyarakat, kesehatan masyarakat, dan Pariwisata; 7) Teknologi kesehatan dan kesehatan lingkungan; 8) Bencana dan kegawatdaruratan.

Dengan sejumlah unggulan yang dimiliki Poltekkes Kemenkes  dan agar dapat memberikan manfaat  lebih luas perlu dilakukannya  kerjasama dengan stake holder di luar Kementerian Kesehatan. Pusat Pendidikan SDM Kesehatan selalu mendukung Poltekkes Kemenkes untuk berkembang lebih maju yang salah satunya dengan menyelenggarakan Pertemuan Koordinasi Kerjasama Pendidikan Tenaga Kesehatan di Hotel Whyndam Cassablanca Jakarta dari tanggal 13-15 November 2019. Tujuan dari penyelenggaraan kegiatan tersebut adalah untuk membangun potensi kerjasama Poltekkes Kemenkes dengan berbagai pihak di dalam ataupun luar negeri.

Berbagai narasumber yang dihadirkan dari dalam dan luar negeri seperti  dari Universitas of Rhode Island dan perwakilan Kedutaan Besar Indonesia di Filipina memberi paparan mengenai peluang program kerjasama dengan Poltekkes Kemenkes. Selain itu narasumber dari Kemenpora; Kemen PUPR; Kemendes, PDT dan Transmigrasi; Kemenko dan UKM; KKP; Kemendag dan Kemendagri menjabarkan prosedur kerjasama kementerian dengan Poltekkes Kemenkes sehingga memperluas kesempatan pengembangan pendidikan dan pendayagunaan lulusan juga pemanfaatan ide dan produk inovasi. Kementerian Kesehatan Timor Leste yang sedang melakukan kunjungan di Badan PPSDM Kesehatan turut hadir dan menjadi peserta aktif dalam pertemuan ini. Kegiatan ini dipandu langsung oleh kepala Bidang Fasilitasi Pengembangan Pendidikan dan Kemitraan – Pusat Pendidikan SDM Kesehatan Yuyun Widyaningsih, S,KP,MKM dan dihadiri Direktur atau yang mewakili ± 21 Poltekkes Kemenkes serta perwakilan dari beberapa satker yang terkait di lingkungan Kementerian Kesehatan.

Kegiatan Pertemuan Koordinasi Kerjasama Pendidikan Tenaga Kesehatan ditutup oleh Kepala Pusat Pendidikan SDM Kesehatan Sugiyanto,S.Pd,M.App.Sc yang memberikan pesan kepada perwakilan Poltekkes Kemenkes yang hadir diharapkan telah menggali informasi sebanyak-banyaknya dari para narasumber sehingga dapat memanfaatkannya untuk membuka jalan, membuat jejaring kerja sama pengembangan pendidikan, pengembangan dan pendayagunaan lulusan, serta pemanfaatan inovasi baik ide maupun produk penelitian Poltekkes Kemenkes baik di tingkat kabupaten/kota, provinsi, Pusat di dalam negeri maupun di luar negeri. (Red YA)

Berita ini disiarkan oleh Bagian Hukormas, Sekretariat Badan PPSDM Kesehatan Kementerian Kesehatan RI. Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi melalui nomor telepon: 021-7245517-72797302, faks: 021-7398852 atau e-mail humas_bppsdmk@yahoo.com.

Bagikan