Rapat Kerja Kesehatan Nasional (RAKERKESNAS) 2012

Rapat Kerja Kesehatan Nasional (RAKERKESNAS) 2012

Inspektur Jenderal Kementerian Kesehatan dr. Yudhi Prayudha Djuarsa, MPH. Mengemukakan bahwa Tema  Rakerkesnas yang diangkat adalah “DENGAN ROFORMASI BIROKRASI, KITA TINGKATKAN KINERJA DAN PRESTASI” tema ini di pilih sejalan dengan instruksi Presiden RI yang menyatakan bahwa tahun 2012 merupakan tahun kinerja dan prestasi dan salah satu upaya untuk meningkatkan kinerja dan prestasi tersebut melalui Reformasi Birokrasi. Reformasi Birokrasi merupakan pembaharuan sistem penyelenggaraan pemerintah dalam aspek kelembagaan, ketatalaksanaan dan sumber daya manusia aparatur. Pembaharuan ini dilakukan sebagai upaya untuk percepatan pelaksanaan program pembangunan kesehatan tahun 2012 target MDG’s yang pada akhirnya mewujudkan masyarakat sehat yang mandiri dan berkeadilan.


Rakerkesnas merupakan rapat kerja kesehatan tingkat nasional yang melibatkan Pusat dan Daerah guna peningkatan pembangunan kesehatan di Indonesia. Menjadi sangat penting dan perlu untuk segera menyelenggarakan Rakerkesnas sesuai dengan tahap perencanaan pembangunan kesehatan tahun 2012 dengan mengundang Menteri Kesehatan, wakil Menteri, seluruh pejabat di lingkungan Kementerian Kesehatan, seluruh Kepala Dinas Kesehatan Provinsi/Kabupaten/Kota, seluruh Direktur Rumah Sakit Umum Daerah Provinsi/Kabupaten/ Kota dan seluruh Direktur Utama/ Kepala UPT  Vertikal.

Menteri Kesehatan RI, dr. Endang Rahayu Sedyaningsih, MPH, Dr.PH mengemukakan bahwa menjelang akhir tahun 2011 Undang-undang No. 24 tahun 2011 tentang BPJS telah diberlakukan, berbagai langkah telah dilakukan Pemerintah termasuk Kementerian Kesehatan dalam menyongsong dimulainya pelayanan kesehatan pada tahap Universal Coverage tanggal 1 Januari 2014. Pada kesempatan Rakerkesnas tahun 2012 kali ini, Menteri Kesehatan menyampaikan paparan mengenai upaya peningkatan akses masyarakat pada pelayanan kesehatan yang  bermutu tahun 2012 -2013 dan peluncuran  secara resmi Akreditasi rumah sakit versi 2012, Flying Health Care, E-Accreditation, E-Monev dan E-DAK serta penyerahan secara simbolis bantuan pusling perairan.

Pada Rakerkesnas kali ini diselenggarakan Expo Pembagunan Kesehatan 2012 yang diikuti oleh 8 Unit Utama di lingkungan Kementerian Kesehatan, 33 Dinas Kesehatan provinsi se Indonesia, Organisasi Kemasyarakatan, Dunia Usaha /BUMN, Lintas sektor.

Berita ini disiarkan oleh Bagian Hukormas, Sekretariat Badan PPSDM Kesehatan Kementerian Kesehatan RI. Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi melalui nomor telepon: 021-7245517-72797302, faks: 021 7398852 atau alamat       e-mail bppsdmk@yahoo.co.id , humas_bppsdmk@yahoo.com

Bagikan