Seminar Kesiapan SDM Kesehatan Indonesia Menghadapi MEA

Seminar Kesiapan SDM Kesehatan Indonesia Menghadapi MEA

JAKARTA (1/12) - Seminar Kesiapan Sumber Daya Manusia Kesehatan Indonesia Menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) diselenggarakan di Hotel Century Park Jakarta dibuka secara resmi  oleh Kepala Badan PPSDM Kesehatan drg. Usman Sumantri, M.Sc ini dihadiri oleh Staf Ahli Menteri Bidang Peningkatan Pelayanan, Para Pejabat Eselon 1 dilingkungan Kementerian Kesehatan, Para Direktur dan Kepala Pusat di lingkungan Kementerian Kesehatan, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi DKI, Para Direktur Rumah Sakit, Para Dekan Fakultas dan Direktur Institusi Pendidikan Tinggi Kesehatan, Para Ketua Organisasi Profesi Kesehatan, Para Ketua Asosiasi Institusi Pendidikan, Para akademisi dan pemerhati Masyarakat Ekonomi ASEAN dan beberapa undangan lainnya yang hadir.

 

drg. Usman Sumantri, M.Sc dalam sambutannya pada seminar tersebut mengatakan : “Pembentukan pasar tunggal di kawasan Asia Tenggara yang diistilahkan dengan Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) ini nantinya memungkinkan satu negara menjual barang dan jasa dengan mudah ke negara-negara lain di seluruh Asia Tenggara sehingga kompetisi akan semakin ketat. MEA tidak hanya membuka arus perdagangan barang atau jasa, tetapi juga pasar tenaga kerja professional. Khusus pada sektor jasa kesehatan, saat ini melibatkan 3 profesi yaitu dokter, dokter gigi, dan perawat”. 

 

Seminar yang dilaksanakan tersebut dibagi kedalam 2 panel, Panel I pembicaranya adalah Kepala Pusat Peningkatan Mutu SDM Kesehatan Suhartati, SKp, M.Kes. yang menyampaikan “Perkembangan Terkini Asean Joint Coordinating Committee on Nursing Services (AJCCS)”. Dilanjutkan oleh Kepala Pusat Pendidikan SDM Kesehatan dr. Achmad Soebagjo Tancarino, MARS yang menyampaikan “Perkembangan Terkini Asean Joint Coordinating Committee on Medical Services”. Dilanjutkan oleh drg. Tritarayati yang menyampaikan “Perkembangan Terkini Asean Joint Coordinating Committee on Dental Services.

 

Pada Panel II pembicaranya adalah Ketua Umum Pegurus Pusat PPNI yang menyampaikan “Penyiapan Perawat Indonesia memasuki era MEA”. Dilanjutkan oleh Ketua Umum Pengurus Besar IDI yang menyampaikan “Penyiapan Dokter Indonesia memasuki era MEA”. dan Ketua Umum Pengurus Besar PDGI menyampaikan “Penyiapan Dokter Gigi Indonesia memasuki era MEA”. Moderator Panel II ini adalah Sulistiono.

Berita  ini   disiarkan   oleh   Bagian  Hukormas, Sekretariat  Badan PPSDM  Kesehatan Kementerian Kesehatan R.I. Untuk informasi lebih  lanjut dapat menghubungi nomor telepon 021 – 7245517–72797302 Fax :021–7398852 atau Email    humas_bppsdmk@yahoo.co.id.

Bagikan