Sosialisasi Percepatan Registrasi secara On Line

Sosialisasi Percepatan Registrasi secara On Line

Jakarta- Sesuai dengan Undang-undang No. 36 Tahun 2014 tentang Tenaga Kesehatan pasal 44 mengamanahkan bahwa setiap tenaga kesehatan yang menjalankan praktik wajib memiliki Surat Tanda Registrasi (STR), berkaitan dengan hal tersebut Pusat Peningkatan Mutu SDM Kesehatan  (Puskatmutu SDMK) dan Majelis Tenaga Kesehatan Indonesia (MTKI) menyelenggarakan sosialisasi Percepatan Registrasi OnLine yang bertempat di Auditorium dr. Herman Susilo, MPH Badan PPSDM Kesehatan pada hari Jumat tanggal 2 Desember 2016.

Acara diawali dengan laporan ketua panitia oleh Kepala Pusakatmutu SDMK, Suhartati, S.Kp., M.Kes beliau menyampaikan Seminar ini diadakan dalam rangka sosialisasi registrasi STR secara online bagi tenaga kesehatan selain Dokter, Dokter Gigi, dan Farmasi. Sampai saat ini penerbitan Surat Tanda Registrasi (STR) yang dilakukan oleh Majelis Tenaga Kesehatan Indonesia (MTKI) dalam  periode tahun 2012 – 2016 telah mencapai 1.125.000 STR yang terdiri dari 26 Profesi tenaga kesehatan selain Dokter, Dokter Gigi, dan Farmasi.

Bagi para pemilik STR yang akan habis masa berlakunya (reregistrasi) akan menyusul diberlakukan secara online terhitung tanggal 2 Januari 2017” lanjut Suhartati dalam sambutannya.

drg. Usman Sumantri, M.Sc selaku Kepala Badan PPSDM Kesehatan membuka secara resmi pertemuan ini. Dalam rangka peningkatan kualitas pelayanan STR, MTKI telah melakukan berbagai upaya antara lain Meningkatkan pelayanan pemberian STR melalui pengusulan secara online dan Re Registrasi online; Meningkatkan Continuing Professional Development / CPD untuk memudahkan pengumpulan satuan kredit profesi / SKP dan Melakukan dukungan dan pembinaan organisasi profesi dalam upaya peningkatan kualitas anggotannya. 

“Dengan adanya sistem STR online ini, diharapkan penerbitan STR akan lebih cepat dan dapat diketahui data secara real time serta memberikan manfaat bagi kita semua dalam rangka peningkatan mutu tenaga kesehatan” ujar Ka. Badan dalam akhir sambutannya.

Sebagai informasi, Peserta yang hadir dalam seminar ini kurang lebih 300 orang yang terdiri dari ; Ketua Asosiasi Institusi Pendidikan Ners Indonesia (AIPNI), Ketua Asosiasi Institusi Pendidikan Vokasi Keperawatan Indonesia (AIPVIKI), 68 Institusi Pendidikan Tinggi Kesehatan Pemerintah maupun Swasta di wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya; para Dekan Fakultas Ilmu-ilmu Kesehatan, para Kepala Prodi Fakultas Ilmu Kesehatan, para Ketua STIKes, para Direktur Akper/Akbid/Akademi Kesehatan dan mahasiswa semester akhir yang mewakili Perguruan Tinggi Kesehatan.

Hadir pula Ketua Divisi Registrasi MTKI Drs. Sulistiono, SKM, M.Sc dan Sekretaris MTKP Prov. DKI Jakarta, Ns. Purwadi, M.Kep, Sp. Kom.

Berita ini disiarkan oleh Bagian Hukormas, Sekretariat Badan PPSDM Kesehatan Kementerian Kesehatan RI. Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi melalui nomor telepon: 021-7245517-72797302, faks: 021-7398852 atau alamat       e-mail bppsdmk@yahoo.co.id , humas_bppsdmk@yahoo.com

Bagikan