Try Out Uji Kompetensi Program D4

Try Out Uji Kompetensi Program D4

Dalam rangka menjaga kualitas pelayanan tenaga kesehatan Kementerian Kesehatan melalui MTKI dan MTKP telah melaksanakan program registrasi tenaga kesehatan. Pada tahap selanjutnya registrasi tenaga kesehatan ini harus didahului oleh uji kompetensi, bagi yang lulus uji kompetensi tersebut diberikan kepadanya sertifikat kompetensi.

Dampak pelaksanaan uji kompetensi akan terlihat mulai dari input, proses, output, outcome dan impactnya: Input berupa kualitas peserta didik, dosen dan fasilitas pendidikan, Proses berupa kulitas kurikulum, proses pembelajaran dan penilaian. Output dari uji kompetensi akan melihat kualitas lulusan, Outcome profesi tenaga kesehatan dan Impact nya berupa kualitas  pelayanan kesehatan. Melalui proses uji kompetensi, registrasi dan lisensi diharapkan mutu dan kompetensi tenaga kesehatan memenuhi standar yang bukan berlaku nasional, namun juga regional dan internasional

Seiring dengan kemajuan jaman, serta kemudahan dalam akses informasi, era globalisasi atau kesejagatan membuat askes informasi tanpa batas, serta peningkatan ilmu pengetahuan dan tehnologi membuat masyarakat semakin Kritis,. Disisi lain menyebabakan timbulnya berbagai permasalahan etik. Selain itu perubahan gaya hidup, budaya dan tata nilai masyarakat , membuat masyarakat semakin peka menyikapi berbagai persoalan.

Oleh karena itu diperlukan adanya uji kompetensi berupa exit exam sesuai dengan amanat undang-undang Nomor 12 Tahun tentang Pendidikan Tinggi dan Undang-undang Nomor 36 Tahun 2014 tentang Tenaga Kesehatan.

Manfaat uji kompetensi diantaranya masyarakat mendapatkan pelayanan kesehatan yang terstandar kompetensinya, menjadi umpan balik dan masukan bagi proses pendidikan serta sebagai bahan pertimbangan dalam menetapkan kebijakan pendidikan tinggi tenaga keseahatan.

Sebagai persiapan untuk melaksanakan uji kompetensi bagi tenaga kesehatan diperlukan piranti uji kompetensi, setelah melalui tahapan maka akan dilakukan try out uji kompetsni untuk mahasiswa.

Try out uji kompetensi tahun 2016 ini untuk Program Diploma 3 dilaksanakan pada tanggal 11 Juni 2016 oleh Pusat Pendidikan SDM Kesehatan, Badan PPSDM Kesehatan dan diikuti oleh kurang lebih 7.894 mahasiswa semester 6 di 40 tempat uji kompetensi yang tersebar diseluruh Indonesia.

Bagikan