Upacara Hari Kesehatan Nasional  12 November 2014

Upacara Hari Kesehatan Nasional 12 November 2014

    

Sebanyak 4.000 jajaran Kesehatan yang mengikuti upacara dalam rangka Hari Kesehatan Nasional (KHN) ke-50, di lapangan silang Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat, Rabu (12/11/2014) pagi. Upacara dipimpin langsung oleh Prof. Dr. dr. Nila Djuwita F. Moeloek, SpM (K) selaku Menteri Kesehatan RI Kabinet Kerja tahun 2014.

Peserta  berasal dari lintas sektor, antara lain pegawai Kementerian Kesehatan RI, Badan Pengawas obat dan Makanan (BPOM), Badan penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS Kesehatan), Palang merah Indonesia (PMI), perwakilan Pusdokkses Polri, perwakilan Puskes TNI, serta perwakilan Unit pelaksana Teknis (UPT), dan RS Vertikal Kemenkes RI.

HKN diperingari pada 12 November setiap tahunnya. Sementara Tema HKN tahun ini adalah "Indonesia Cinta Sehat", dengan subtema yaitu "Sehat Bangsaku Sehat Negeriku".

"Tema ini bermakna penting untuk menjadikan budaya hidup sehat sebagai dari keseharian bangsa Indonesia," ujar Menteri Kesehatan.

"Selamat Hari Kesehatan Nasional ke-50, bisa dibilang bahwa HKN tahun ini adalah HKN emas. Karena itu momen HKN Emas ini harus dimanfaatkan sebagai momentum untuk memberikan kesadaran pada masyarakat soal pentingnya kesehatan," tutur Beliau di lokasi. "Pembangunan kesehatan merupakan salah satu indeks pembangunan manusia, sama seperti pendidikan dan pendapatan per kapita. Karena itulah pembangunan kesehatan juga harus menjadi prioritas," tandasnya lagi.

Setelah upacara selesai, Parade pertama yang ditampilkan adalah parade kesehatan corsa yang dilakukan oleh para petugas Kantor Kesehatan Pelabuhan. Petugas KKP (Kantor Kesehatan Pelabuhan), dibantu oleh anggota TNI, Polri dan Satpol PP memperagakan gerakan-gerakan khas militer. Antara lain gerakan bela diri, parade penggunaan tongkat dan juga peragaan sandi morse. Petugas KKP adalah penjaga kesehatan negara di pelabuhan dan bandara internasional. Karena itu, mereka diharuskan memiliki kemampuan pertahanan diri yang baik.

Parade kedua diramaikan oleh mobil-mobil kesehatan. ‎Mobil-mobil ini adalah penyokong petugas kesehatan ketika melakukan pekerjaannya. Mobil-mobil ini memiliki fungsi yang berbeda-beda, ada puskesmas keliling milik Puskesmas Cengkareng Jakarta Barat, Mobil BPJS sebagai pembantu pendaftaran calon peserta BPJS serta mobil bencana untuk mengangkut korban bencana alam milik Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).
‎Selama parade, Menteri Kesehatan nampak memperhatikan dengan seksama. dan sesekali berbincang dengan Sekretaris Jenderal Kemenkes RI, dr Untung Suseno Sutarjo, M.Kes, yang duduk di sebelahnya. 

    

Bagikan