Monitoring dan Evaluasi Akreditasi

Kegiatan monitoring dan evaluasi pelaksanaan akreditasi Poltekkes Kemenkes ini dapat mengukur sejauh mana tingkat keberhasilan budaya mutu yang dilaksanakan oleh Poltekkes Kemenkes. Pusat Pendidikan SDM Kesehatan memonitor Poltekkes Kemenkes mulai dari persiapan hingga mendapatkan hasil akreditasi. Selain itu, juga melakukan monitoring tehadap pelaporan PDDIKTI yang dilakukan Poltekkes Kemenkes. PDDIKTI merupakan sistem yang menghimpun data pendidikan tinggi dari seluruh pendidikan tinggi yang berfungsi sebagai sumber informasi bagi lembaga akreditasi untuk melakukan akreditasi Program Studi dan Perguruan Tinggi, dan bagi masyarakat untuk mengetahui kinerja Program Studi dan Perguruan Tinggi.

Pusat Pendidikan SDM Kesehatan melakukan inventarisir hasil peringkat akreditasi yang didapatkan oleh Poltekkes Kemenkes, baik akreditasi Program Studi maupun akreditasi Institusi. Hasil tersebut kemudian dianalisis untuk dievaluasi mana saja Program Studi atau Poltekkes Kemenkes yang membutuhkan pendampingan lebih intensif. Pada pendampingan intensif tersebut akan didapatkan hal-hal apa saja yang kurang dan perlu diperbaiki kemudian dilanjutkan advokasi kepada pimpinan untuk ditindaklanjuti.

Pada tahun 2017 ini, Poltekkes Kemenkes diminta untuk melaporkan self assessment kepada Pusat Pendidikan SDM Kesehatan untuk memantau tindak lanjut pasca akreditasi yang dilakukan Poltekkes Kemenkes. Pusat Pendidikan SDM Kesehatan bertugas untuk mem-follow up rencana pasca akreditasi yang telah dituliskan dalam self assessment tersebut. Self assessment tersebut digunakan untuk pemetaan dan tindak lanjut dalam rangka peningkatan status akreditasi.