Pelaksanaan Akreditasi

Pelaksanaan akreditasi dimulai dari melakukan pendaftaran yaitu melalui registrasi online. Registrasi online akreditasi prodi oleh LAM-PTKes dilakukan pada Sistem Manajemen Akreditasi (SIMAK) LAM-PTKes di http://akreditasi.lamptkes.org. Pendaftaran akreditasi institusi oleh BAN-PT mulai tanggal 1 Juni 2017 dilakukan secara online melalui Sistem Akreditasi Pendidikan Tinggi Online (SAPTO) BAN-PT di http://www.sapto.banpt.or.id.

Setelah pendaftaran berhasil dilakukan, kemudian menyiapkan dokumen persyaratan untuk diupload dalam sistem online tersebut. Selanjutnya Poltekkes Kemenkes akan mendapatkan fasilitasi pendampingan oleh fasilitator dari LAM-PTKes ataupun BAN-PT. Poltekkes Kemenkes melakukan komunikasi secara online dengan fasilitator dalam proses pendampingan pengisian borang.

File borang yang sudah divalidasi oleh fasilitator kan dikirimkan kembali ke operator dengan satus “dokumen tervalidasi”. Sampai pada tahap ini, proses pendampingan yang dilakukan oleh fasilitator telah selesai. Setelah asesmen kecukupan selesai dilaksanakan, LAM-PTKes dan BAN-PT akan menjadwalkan untuk melaksanakan asesmen lapangan. Sambil menunggu jadwal asesmen lapangan, Poltekkes Kemenkes mengecek kembali dokumen berupa borang dan data dukung seperti standard dan SOP dalam beberapa jumlah eksemplar.

Asesmen lapangan dilakukan untuk verifikasi, validasi, serta melengkapi data dan informasi yang disajikan dalam borang dan melakukan penilaian lapangan. Asesmen lapangan dilakukan selama 2-3 hari kerja penuh di lapangan oleh tim asesor yang terdiri atas 2 – 4 orang pakar. Selain melakukan penilaian lapangan, pada tahap ini juga dilakukan wawancara. Tahap akhir asesmen lapangan akan ada penandatangan berita acara yang telah disepakati bersama.

Kemudian setelah selesai, tim akreditasi Poltekkes Kemenkes harus pro aktif memantau hasil asesmen lapangan ke LAM-PTKes atau ke BAN-PT. Keputusan status dan peringkat akreditasi akan diumumkan melalui web dan surat. Jika keberatan terhadap keputusan tentang status dan peringkat akreditasi, dapat dilakukan banding.