Berdasarkan Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 64 tahun 2015 Pasal 795, Bidang Penyelenggaraan Pendidikan mempunyai tugas melaksanakan penyusunan kebijakan teknis dan pelaksanaan di bidang penyelenggaraan pendidikan sumber daya manusia kesehatan.

Dalam melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud dalam Pasal 795, Bidang Penyelenggaraan Pendidikan menyelenggarakan fungsi:

a. penyiapan penyusunan kebijakan teknis di bidang fasilitasi teknis pendidikan dan penunjang penyelenggaraan pendidikan sumber daya manusia kesehatan; dan

b. penyiapan pelaksanaan di bidang fasilitasi teknis pendidikan dan penunjang penyelenggarakan pendidikan sumber daya manusia kesehatan.

Bidang Penyelenggaraan Pendidikan terdiri atas:

  1. Subbidang Fasilitasi Teknis Pendidikan, yang mempunyai tugas melakukan penyiapan penyusunan kebijakan teknis dan pelaksanaan di bidang fasilitasi teknis pendidikan sumber daya manusia kesehatan; dan
  2. Subbidang Fasilitasi Penunjang Pendidikan mempunyai tugas melakukan penyiapan penyusunan kebijakan teknis dan pelaksanaan di bidang fasilitasi penunjang penyelenggaraan pendidikan sumber daya manusia kesehatan.