PERTEMUAN KOORDINASI PENGELOLAAN KEUANGAN TUBEL SDM KESEHATAN DAN PPDS/PPDGS

Pusat Standardardisasi, Sertifikasi dan Pendidikan Berkelanjutan SDM Kesehatan (Pustanserdik SDMK) menyelenggarakan Pertemuan Koordinasi pada tanggal 27-29 Mei 2015 di Balai Pelatihan Kesehatan (Bapelkes) Batam. Tujuan dari pertemuan tersebut  adalah dalam rangka mengoptimalkan koordinasi program tugas belajar SDM Kesehatan dan program bantuan pendidikan dokter spesialis/dokter gigi spesialis (PDS/PDGS) khususnya proses pengelolaan keuangan

Peserta pertemuan tersebut  adalah petugas pengelola keuangan di Institusi Pendidikan untuk program pemberian bantuan tugas belajar SDM K,   pengelola keuangan dan IT pada program bantuan PDS/PDGS pada 14 FK – 4 FKG universitas pengampu serta  dari unit terkait di lingkungan Kementerian Kesehatan dan para pejabat eselon di lingkungan Pustanserdik SDMK.

 

Pertemuan tersebut dibuka oleh Kepala Pustanserdik SDMK, Dra.Meinarwati, Apt, M.Kes  didampingi oleh Kepala Bidang Pendidikan Berkelanjutan (Dikjut) SDMK Muswarni SKM,M.Kes. Materi yang diberikan diataranya :

1.    Kebijakan Penyelenggaraan Tubel SDMK dan PPDS/PDGS  oleh Kepala Pustanserdik SDMK.

2.    Mekanisme Pengelolaan Keuangan Tubel SDMK dan PPSD/PDGS  oleh Kepala Bidang Dikjut SDMK – Pustanserdik SDMK

3.    Mekanisme Pembayaran dengan sistem SPAN dan permasalahannya oleh Kanwil DJPB Kementerian Keuangan.

4.    Mekanisme Penyelenggaraan Tugas Belajar SDM Kesehatan di Institusi Pendidikan oleh perwakilan dari Universitas Indonesia, Universitas Gajah Mada dan Universitas Sumatera Utara.

5.    Mekanisme Pengelolaan Keuangan PPDS/PPDGS di Institusi Pendidikan dan Permasalahan yang dihadapinya oleh dekan Fakultas Kedokteran Universitas Sriwijaya, Universitas Airlangga dan Universitas Hasanudin

Pemantapan Online bagi Pengelola IT di Institusi Pendidikan  oleh Pengembang SI PPDS/PPDGS online.

Alhamdulillah pertemuan tersebut dapat berjalan lancar dan sukses. Dari hasil pertemuan tersebut diperoleh kesepakatan dalam penyelenggaran program pemberian bantuan Tugas Belajar SDMK, yaitu :

a.    SOP Pembayaran peserta

b.    Kesepakatan mekanisme penyelenggaraan Tubel SDMK antara institusi pendidikan dan Pustanserdik SDMK:

-     Perjanjian Kerja Sama (PKS) setiap tahun

-     Melaporkan data peserta aktif berupa KHS dan KRS pada bulan Agustus dan Februari

c.    Surat Tunda Bayar biaya pendidikan peserta Tubel SDMK setiap awal tahun.

(Surat Tunda Bayar bisa download di sini)

d.    Hasil kesepakatan Pengelola Keuangan Tubel SDMK silahkan klik download

 

Sedangkan program bantuan PDS/PDGS adalah :

a.    Memverifikasi peserta Seleksi Administrasi (SA) dan Test Akademik (TA) bantuan PDS/PDGS.

b.    Updating data peserta bantuan PDS/PDGS yang baru, sedang dan sudah lulus pendidikan

c.    Melaporkan data aktif peserta bantuan PDS/PDGS setiap semester

Input komponen pembiayaan sesuai dengan SK Rektor masing-masing Universitas.