PEMBERIAN PENGHARGAAN NAKES TELADAN di PUSKESMAS TINGKAT NASIONAL

Pemberian Penghargaan

Tenaga Kesehatan Teladan di Puskesmas Tingkat Nasional

Oleh Kementerian Kesehatan RI

 

Kementerian Kesehatan RI pada tanggal 13-19 Agustus 2015 melaksanakan kegiatan pemberian penghargaan kepada Tenaga Kesehatan Teladan di Puskesmas tingkat Nasional. Badan Pengembangan dan Pemberdayaan SDM Kesehatan (BPPSDMK) cq Pusat Standardisasi, Sertifikasi dan Pendidikan Berkelanjutan SDM Kesehatan (Pustanserdik SDMK) diberikan amanah sebagai pelaksana kegiatan tersebut. Peserta dalam kegiatan ini adalah tenaga kesehatan teladan di puskesmas yang berasal dari 34 Provinsi di Indonesia yang terdiri dari dari 4 kelompok profesi tenaga kesehatan :

1.    Tenaga Medis (Dokter/Dokter Gigi)

2.    Tenaga Keperawatan (Perawat/Bidan)

3.    Tenaga Kesehatan masyarakat (Kesmas/Analis Laboratorium/Asisten Apoteker/ Penyuluh/Sanitarian)

4.    Tenaga Gizi (Nutrisionis/Dietetik)

 

Pemberian Penghargaan Oleh Menteri Kesehatan

Pemberian penghargaan kepada tenaga kesehatan teladan merupakan apresiasi serta bentuk penghargaan dari Kementerian Kesehatan RI kepada tenaga kesehatan di Puskesmas atas pengabdian dan prestasinya dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Pemilihan tenaga kesehatan dilakukan secara selektif di masing-masing Provinsi melalui serangkaian kegiatan yang meliputi penelaahan, pemeriksaan, penelitian dan penilaian oleh para ahli dan organisasi profesi terkait, yang hasilnya tercermin pada pengetahuan, sikap, perilaku, dan karya masing-masing individu teladan.

Acara dialog dengan Menteri Kesehatan

Syukur Alhamdulillah  rangkaian acara kegiatan pemberian penghargaan kepada Tenaga Kesehatan Teladan di Puskesmas tingkat Nasional yang cukup padat dapat berjalan lancar serta diikuti oleh seluruh peserta dengan penuh semangat. Rangkaian acara tersebut diisi oleh kegiatan yang diantaranya :

1.             Pertemuan serta dialog dengan Ibu Menkes dan pejabat eselon I di Kementerian Kesehatan RI,

2.             Mendengarkan  Pidato Kenegaraan Presiden di Gedung MPR/DPR RI,

3.             Mendengarkan pemaparan tentang program-program Kementerian Kesehatan yang disampaikan oleh para Eselon I dan II Kementerian Kesehatan RI,

4.             Mengikuti renungan suci di TMP Kalibata,

5.             Mengikuti upacara penaikan bendera tanggal 17 Agustus di Istana Negara,

6.             Menghadiri acara ramah tamah dengan Presiden di Istana Bogor Jawa Barat dimana tenaga kesehatan teladan Benget Sihotang (Nutrisionis) dari Provinsi Jambi mendapat kesempatan menjelaskan tentang pengalaman sebagai Nutrisionis di daerah dengan membuat persatuan” Ibu Peduli Asi Ekslusif”,

7.             Mendapatkan pencerahan diri dari Ir. Hadjar Seti Adji, M Eng Sc, M-PU, serta wisata sejarah/pendidikan ke Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) dan Taman Mini Indonesia Indah (TMII),mengunjungi Kantor Badan PPSDM Kesehatan dan Kantor Kementerian Kesehatan dan serta wisata belanja ke Thamrin City  dan rekreasi  ke Dunia Fantasi (Dufan).

 

Kunjungan ke Kantor Kementerian Kesehatan

 

Kunjungan ke Gedung Badan PPSDMK