PROGRAM TUGAS BELAJAR TAHUN 2020 DIBATALKAN!

                Program Tugas Belajar Dalam Negeri di Badan PPSDM Kesehatan merupakan program unggulan yang selalu melibatkan banyak calon peserta di setiap tahunnya. Namun, terhitung sejak tanggal 30 April 2020, Badan PPSDM Kesehatan membatalkan Program Tugas Belajar Tahun 2020.

Pandemi Covid-19 yang menyerang Indonesia tidak dapat dihindari akan menimbulkan banyak perubahan di segala sektor. Hal ini menuntut pemerintah RepubliK Indonesia juga melakukan beberapa efisiensi anggaran negara. Kementerian Kesehatan Republik Indonesia menjadi garda terdepan dalam penanganan Covid-19 ini, maka efisiensi anggaran mutlak dilakukan segera. Banyak anggaran program yang dialihkan ke anggaran penangagan Covid-19, salah satunya program di Pusat Peningkatan Mutu SDM Kesehatan (Puskatmutu SDM Kesehatan), yaitu Progam Tugas Belajar Dalam Negeri.

Melalui surat nomor DM.03.01/V/0697/2020, Badan PPSDMK menyatakan tidak dapat menjalankan Program Tugas Belajar Tahun 2020. Hal ini disebabkan karena anggaran Program Tugas Belajar Tahun 2020 diefisiensi untuk dialihkan bagi penanganan Covid-19. Surat ini sekaligus mencabut Surat Edaran nomor DM.02.03/V/2453/2019 tanggal 29 November 2019 tentang Ketentuan Pelaksanaan Penerimaan Calon Peserta Tugas Belajar Dalam Negeri Bagi Sumber Daya Manusia Kesehatan Tahun 2020.

Kepala Pusat Peningkatan Mutu SDMK; drg. Diono Susilo, MPH;  mengatakan bahwa saat ini negara membutuhkan dukungan anggaran untuk penanganan masalah pandemi Covid-19, maka penyesuain anggaran terhadap dana tugas belajar tahun 2020 merupakan hal yang tepat. Selanjutnya Puskatmutu SDM Kesehatan akan berupaya agar program Tugas Belajar Dalam Negeri bagi angkatan baru akan dapat dilaksanakan di tahun depan.

                Namun, Puskatmutu SDM Kesehatan akan tetap membayarkan semua biaya pendidikan peserta tugas belajar yang saat ini tengah menempuh pendidikan. Hal ini disampaikan Kepala Bidang Pengembangan  Kualifikasi SDM Kesehatan Berkelanjutan; drg. Angger Rina Widowati, MKM; bahwa seluruh biaya hidup dan pendidikan bagi peserta Program Tugas Belajar di tahun anggaran 2020 ini tetap berjalan sesuai ketentuan. (T!)