Home \ berita

PEMBUKAAN PORNIMAKES REGIONAL SUMAPUA


Manado, Dalam rangka menumbuh kembangkan bakat olah raga dan seni yang dimiliki mahasiswa Poltekkes Kemenkes Manado menggelar kegiatan Pekan Olahraga dan Kesenian Mahasiswa Poltekkes Kemenkes (PORNIMAKES) Regional Sulawesi, Maluku, dan Papua yang di adakan di Poltekkes Kemenkes Manado tahun 2017, Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 19 s/d 22 April 2017. Adapun cabang olah raga yang dipertandingkan sebanyak 7 cabang yaitu Bola Voly, Futsal, BuluTangkis, Tenis Meja, Catur, Sepak Takraw, Bintang Vokalia tempat  di Lapangan Kampus C Poltekkes Kemenkes Manado Jalan Camar Raya Malendeng Lingkungan III Manado dan GOR Bulutangkis dan GOR Futsal.  Kegiatan ini dibuka oleh Kepala Badan PPSDM Kesehatan Kementerian Kesehatan  ( drg. Usman Sumantri, MSc.)

Kegiatan ini diikuti oleh Direktur, Pembantu Direktur, Dosen/Pegawai yang bertindak sebagai pendamping  serta mahasiswa sebagai peserta yang berjumlah 427 orang dengan rincian sebagai berikut : (1) Poltekkes Kemenkes Makassar berjumlah 25 orang; (2) Poltekkes Kemenkes Palu berjumlah 45 orang; (3) Poltekkes Kemenkes Kendari berjumlah 38 orang; (4) Poltekkes Kemenkes Manado berjumlah 68 orang; (5) Poltekkes Kemenkes Mamuju bejumlah 10 orang; (6) Poltekkes kemenkes Gorontalo berjumlah 73 orang; (7) Poltekkes Kemenkes Maluku berjumlah 25 orang; (8) Poltekkes Kemenkes Ternate berjumlah 45 orang; (9) Poltekkes Kemenkes Sorong berjumlah 45 orang; (10) Poltekkes Kemenkes Jayapura berjumlah 53 orang.

Dalam sambutannya drg. Usman Sumantri, MSc. menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya, atas kesempatan yang diberikan untuk menghadiri acara ini. Pelaksanan PORNIMAKES menggambarkan betapa besarnya perhatian dan peran aktif dari mahasiswa dalam pembangunan kesehatan di negeri tercinta ini. Beliau menganggap penting mengingat kegiatan PORNIMAKES sejalan dengan program Kementerian Kesehatan, yaitu Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) yang merupakan suatu tindakan yang sistematis dan terencana yang dilakukan secara bersama-sama oleh seluruh komponen bangsa dengan kesadaran, kemauan dan kemampuan berperilaku sehat untuk meningkatkan kualitas hidup. Kegiatan Germas Hidup Sehat dilakukan dengan cara antara lain melakukan aktivitas fisik, mengkonsumsi sayur dan buah, dan memeriksa kesehatan secara rutin agar masyarakat mempratekan perilaku sahat, sehingga pada akhirnya akan berdampak pada terjaganya kesehatan, produktivitas masyarakat meningkat, terciptanya lingkungan yang bersih dan biaya yang dikeluarkan masyarakat untuk berobat berkurang.

Gubernur Provinsi Sulawasi Utara dalam sambutannya yang dibacakan oleh Kepala Dinas Kesehatan Provonsi Sulawasi Utara  dr. Debie K.R. Kalalo, MSc. PH mengatakan dengan adanya gedung baru ini tentu akan menambah semangat bagi para mahasiswa khususnya mahasiswa Jurusan Farmasi dan Kesehatan Lingkungan dalam berkarya, baik dibidang keilmuan dan penalaran maupun dibidang olahraga dan seni.

Selanjutnya Kepala Badan PPSDM Kesehatan Kementerian Kesehatan ( drg. Usman Sumantri, MSc.) dan Gubernur Provinsi Sulawesi Utara ( Olly Dondokambey, SE) meresmikan penggunaan Gedung  Jurusan Farmasi dan  Gedung Jurusan Kesehatan Lingkungan  Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Manado, di Kampus C Poltekkes Kemenkes Manado Jalan Camar Raya Malendeng Lingkungan III Manado.

Acara Pembukaan PORNIMAKES dan Peresmian Gedung  ditandai dengan penandatanganan prasasti dan pengguntingan pita, turut mendampingi Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Utara (dr. Debie K.R. Kalalo, MSc. PH), Ketua Asosiasi Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Indonesia (APKESI) Sugiyanto, S.Pd, M.App.Sc. Direktur Poltekkes Kemenkes Manado (Semuel Layuk, SKM, M.Kes.) para Direktur Poltekkes Kemenkes  Regional Sulawesi, Maluku,  dan Papua.

Gedung Jurusan Kesehatan Lingkungan Politeknik Kesehatan Kemenkes Manado dibangun tahun 2016 dengan 3 lantai, ukuran luas 2.956 m2. dan Gedung Jurusan Farmasi Politeknik Kesehatan Manado dibangun empat tahap mulai tahun 2012-2015, 4 lantai dengan ukuran luas 3.675 m2. Semua bangunan yang diresmikan mulai dari proses perencanaan, pembangunan kontstruksi dan pengawasan sepenuhnya berpedoman kepada peraturan tentang mekanisme pengadaan barang/jasa  pemerintah, selain itu semua bangunan tersebut dibangun diatas tanah milik sendiri. Kedua gedung ini dibangun untuk menggantikan gedung lama yang sudah tidak layak pakai dibangun tahun 1980, yang pernah dilanda banjir bandang tahun 2014.

Berita ini disiarkan oleh Bagian Hukormas, Sekretariat Badan PPSDM Kesehatan Kementerian Kesehatan RI, Untuk Informasi lebih lanjut dapat menghubungi  melalui nomor : 021-7245517-72797302, Fax :   7398852 atau e-mail bppsdmk@yahoo.co.id , humas_bppsdmk@yahoo.com


Bagikan

Berita Populer

10 Februari 2017 14:03:57 WIB

Sosialisasi Wajib Kerja Dokter Spesialis (WKDS)

Terbaca 2454 kali

08 Desember 2016 09:23:42 WIB

Kemenkes dan Kemenhan Jalin Kerjasama Internsip Dokter

Terbaca 957 kali

03 Februari 2017 15:23:00 WIB

Temu Media Wajib Kerja Dokter Spesialis (WKDS)

Terbaca 825 kali

08 Desember 2016 09:17:26 WIB

Seminar Kesiapan SDM Kesehatan Indonesia Menghadapi MEA

Terbaca 559 kali

05 Desember 2016 14:09:21 WIB

Germas sebagai wujud Indonesia Sehat

Terbaca 523 kali


Video

Aplikasi Online

 

Badan PPSDM Kesehatan RI

Alamat: Jl. Hang Jebat III Blok F3, Kebayoran Baru
Jakarta Selatan 12120
Kotak Pos No. 6015/JKS/GN
Telephone: 021-7245517, 72797302
Fax: 021-72797302