Home \ berita

WALIKOTA TANGSEL HIMBAU MASYARAKAT UNTUK SUKSESKAN GERMAS


Dalamrangkamempercepatdanmensinergikantindakandariupayapromotifdanpreventifhidupsehatgunameningkatkanproduktivitaspendudukdanmenurunkanbebanpembiayaanpelayanankesehatanakibatpenyakit, PresidenJokoWidodo (Jokowi) pada 27 Februari 2017 lalu, telahmenandatanganiInstruksiPresiden (Inpres) Nomor 1 Tahun 2017 tentangGerakanMasyarakatHidupSehat.

MelaluiInprestersebut, PresidenJokowimenginstruksikankepada: 1. Para MenteriKabinetKerja; 2. KepalaLembagaPemerintah Non Kementerian; 3. DirekturUtamaBadanPenyelenggaraJaminanSosialKesehatan; dan 4. Para GubernurdanBupati/Walikotauntuk:Pertama, menetapkankebijakandanmengambillangkah-langkahsesuaitugas, fungsi, dankewenanganmasing-masinguntukmewujudkanGerakanMasyarakatHidupSehat, melalui: 1. Peningkatanaktivitasfisik; 2. Peningkatanperilakuhidupsehat; 2. Penyediaanpangansehatdanpercepatanperbaikangizi; 3. Peningkatanpencegahandandeteksidinipenyakit; 4. Peningkatankualitaslingkungan; dan 5. Peningkatanedukasihidupsehat.

DiktumKeduaditujukankepadasejumlahpejabatantara lain MenteriKesehatan, Presidenmenginstruksikanuntuk:  a.melaksanakankampanyeGerakanMasyarakatHidupSehatsertameningkatkanadvokasidanpembinaandaerahdalampelaksanaankebijakanKawasanTanpaRokok (KTR); b. meningkatkanpendidikanmengenaigiziseimbangdanpemberian Air SusuIbu (ASI) eksklusif, sertaaktivitasfisik; dan c. meningkatkanpelaksanaandeteksidinipenyakit di Puskesmasdanmenyusunpanduanpelaksanaandeteksidinipenyakit di instansipemerintahdanswasta.

SedangkankepadaparaBupati/Walikota, Presidenmenginstruksikanuntuk :  a. menyediakandanmengembangkansaranaaktivitasfisik, ruangterbukahijaupublik, kawasanbebaskendaraanbermotor, jalursepeda, danjalurpejalan kaki yang representatifdanaman; b. melaksanakankegiatanpemanfaatanpekaranganrumahuntukmenanamsayurdanbuah; c. melaksanakankebijakan KTR;  d. melaksanakankegiatan yang mendukungGerakanMasyarakatHidupSehat yang didasarkanpadakebijakandaerah; dan  e. melaporkanpelaksanaanGerakanMasyarakatHidupSehatkepadaGubernur.

Makapadatanggal 28 Juli 2017, BalaiBesarPelatihanKesehatanJakartaditunjukuntukmelaksanakankegiatanSosialisasiGerakanMasyarakatHidupSehatdi KecamatanPamulang Kota Tangerang Selatan, acaradibukaolehWalikotaTangerang Selatan AirinRachmiDiany, peserta yang hadiradalahseluruhpenggerakbidangkesehatandariseluruhKelurahan yang ada di KecamatanPamulang.Dalampelaksanaankegiatanini, BBPK JakartabermitradenganAnggota DPR RI Komisi IX, Drs. H. IrganChairulMahfiz, M.Si

WalikotaTangerang SelatandalamsambutannyamenghimbaukepadaseluruhmasyarakatTangerang Selatan untukmelaksanakanPolaHidupSehat yang di kemasdalamGerakanMasyarakatHidupSehat.Pesan yang samadisampaikanolehIrganChairulMahfizmasyarakat Kota Tangerang Selatan harusmenjalankanpolamakan yang sehat agar masyarakattetapsehatdanproduktifsesuaidengantujuangermasantaralain;Agar kesehatantetapterjaga,Masyarakatlebihproduktif,Lingkunganbersih,Biayauntukberobatmenjadiberkurang.

KepalaBalaiBesarKesehatan Jakarta Drs.ZaenalKomar, Apt, MA dalampresentasinyamenekankanbahwasaatini Indonesia tengahmenghadapitantanganseriusberupabebangandapenyakit. Perubahangayahidupmasyarakatditengaraimenjadisalahsatupenyebabterjadinyapergeseranpolapenyakit (transisiepidemiologi) dalam 30 tahunterakhir. Pada era 1990-an, penyebabkematiandankesakitanterbesaradalahpenyakitmenularsepertiInfeksiSaluranPernapasanAtas (ISPA), Tuberkulosis (TBC), danDiare.Namunsejak 2010, penyakittidakmenular (PTM) seperti Stroke, Jantung, danKencingmanismemilikiproposilebihbesar di pelayanankesehatan. Pergeseranpolapenyakitinimengakibatkanbebanpadapembiayaankesehatannegara.

Karenaitu, GERMAS menjadi momentum bagimasyarakatgunamembudayakanpolahidupsehat.GERMAS adalahsuatutindakansistematisdanterencana yang dilakukansecarabersama-samaolehseluruhkomponenbangsadengankesadaran, kemauandankemampuanberperilakusehatuntukmeningkatkankualitashidup.Pelaksanaan GERMAS harusdimulaidarikeluarga, karenakeluargaadalahbagianterkecildarimasyarakat yang membentukkepribadian, mulaidari proses pembelajaranhinggamenujukemandirian

GERMAS meliputikegiatan: Melakukanaktifitasfisik, Mengonsumsisayurdanbuah, Tidakmerokok, Tidakmengonsumsialkohol, Memeriksakesehatansecararutin, Membersihkanlingkungan, danMenggunakanjamban. Padatahapawal, GERMAS secaranasionaldimulaidenganberfokuspadatigakegiatan, yaitu: 1) Melakukanaktivitasfisik 30 menit per hari, 2) Mengonsumsibuahdansayur; dan 3) Memeriksakankesehatansecararutin minimal 6 bulansekalisebagaiupayadeteksidinipenyakit.

Berita ini disiarkan oleh Bagian Hukormas, Sekretariat Badan PPSDM Kesehatan Kementerian Kesehatan RI. Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi melalui nomor telepon: 021-7245517-72797302, faks: 021-7398852 atau alamat       e-mail humas_ppsdmk@yahoo.co.id


Bagikan

Berita Populer


18 Juli 2017 16:58:28 WIB

Kepala Badan membuka TOT Manajemen Puskesmas

Terbaca 771 kali


05 April 2017 09:51:33 WIB

Pembekalan Tim Nusantara Sehat Batch VI tahun 2017

Terbaca 447 kali

06 Juni 2017 14:59:37 WIB

Kepala Badan Melantik Pejabat Administrator dan Pengawas

Terbaca 328 kali


Video

Aplikasi Online

 

Badan PPSDM Kesehatan RI

Alamat: Jl. Hang Jebat III Blok F3, Kebayoran Baru
Jakarta Selatan 12120
Kotak Pos No. 6015/JKS/GN
Telephone: 021-7245517, 72797302
Fax: 021-72797302