Home \ berita

KIAT MENJADI WANITA YANG HANDAL


Ketua Dharma Wanita Persatuan Badan PPSDM Kesehatan, Andriza Usman menegaskan bahwa Dharma Wanita Persatuan adalah organisasi kemasyarakatan yang menghimpun dan membina istri Pegawai Negeri Sipil RI dengan kegiatan yang bergerak dalam bidang pendidikan, ekonomi dan sosial budaya serta tidak terkait dengan kekuatan politik manapun, tetapi hak berpolitik anggota tetap dihormati. Secara garis besar, tujuan organisasi Dharma Wanita adalah mewujudkan kesejahteraan anggota dan keluarganya melalui peningkatan kualitas sumber daya anggota untuk mendukung tercapainya tujuan nasional berdasarkan Pancasila dan Undang-undang Dasar 1945. Sedangkan fungsinya adalah sebagai wadah untuk melakukan pembinaan, perencanaan, pelaksanaan dan pengendalian kegiatan yang berkaitan dengan pelaksanaan tugas pokok organisasi. Kewenangan anggota hanya sebatas kewenangan normatif yang harus dipatuhi.

Peran sebagai istri para pejabat pemerintahan akan membawa mereka pada arus identitas patriarki fenomena yang sering terjadi adalah bagaimana peran dan fungsi seorang ibu atau istri rumah tangga dianggap lebih rendah dari peran ayah atau suami yang bekerja dan mendapatkan upah secara materiil dan dianggap sebagai titik ukur dalam pemenuhan kebutuhan keluarga. Anggapan atas keistimewaan laki-laki sebagai pemilik kuasa tertinggi sebagai seorang pencari nafkah inilah yang kemudian menimbulkan penyingkiran kerja perempuan baik sebagai istri atau ibu. Bahwa kerja perempuan dalam relasi keluarga dianggap sebagai peran kedua karena fungsi domestik yang dijalankannya tidak mendapatkan upah atau gaji secara materiil seperti halnya laki-laki. Aktivitas perempuan dalam sektor domestik pada organisasi binaan seperti Dharma wanita seharusnya mulai dibenahi secepat mungkin agar kehebatan seorang perempuan dapat terwadahi dengan baik. Maka dari itu pada tanggal 23 Januari 2018 Dharma Wanita Persatuan Badan PPSDM Kesehatan mengadakan seminar tentang “Kiat menjadi perempuan yang handal sekaligus ibu yang optimal” dengan mengundang seorang pakar gizi yaitu DR. dr. Tan Shot Yen, M.Hum, Kegiatan ini diselenggarakan untuk memberikan pengetahuan mengenai potensi khususnya ibu, adalah pengubah perilaku keluarga untuk dapat hidup sehat. Dengan terwujudnya keluarga sehat maka Indonesia akan tumbuh sebagai negara yang kuat. Acara dihadiri sebanyak 150 anggota DWP Badan PPSDM Kesehatan yang terdiri dari Sekretariat dan empat pusat dilingkungan Badan PPSDM serta UPT yaitu, Politeknik Kesehatan Kemenkes Jakarta I, II dan III serta Bapelkes Cikarang dan Balai Besar Pelatihan Kesehatan Jakarta dan Ciloto.

Berita ini disiarkan oleh Bagian Hukormas, Sekretariat Badan PPSDM Kesehatan Kementerian Kesehatan RI.Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi melalui nomor telepon: 021-7245517-72797302, faks: 021-7398852 atau alamat e-mail humas_bppsdmk@yahoo.com


Bagikan

Berita Populer


18 Juli 2017 16:58:28 WIB

Kepala Badan membuka TOT Manajemen Puskesmas

Terbaca 1346 kali


08 Februari 2018 14:34:42 WIB

LAHIRNYA PROFESOR PERTAMA POLITEKNIK KESEHATAN KEMENKES RI

Terbaca 614 kali



Video

Aplikasi Online

 

Badan PPSDM Kesehatan RI

Alamat: Jl. Hang Jebat III Blok F3, Kebayoran Baru
Jakarta Selatan 12120
Kotak Pos No. 6015/JKS/GN
Telephone: 021-7245517, 72797302
Fax: 021-72797302