Home \ berita

AUDIENSI MAHIDOL UNIVERSITY THAILAND KE BADAN PPSDM KESEHATAN


Bertempat di Ruang Rapat 502, Kepala Pusat Pendidikan SDM Kesehatan, Bapak Sugiyanto, M. App. Sc., menerima Director of International Graduate Programs in Health Social Sciences, Mahidol University Thailand, Assoc. Prof. Dr. Sauwakon Ratanawijitrasin dan salah satu Faculty Member Health Social Sciences International Program (HSSIP), Dr. Mark Stephan Felix. Pertemuan juga dihadiri Direktur Poltekkes Kemenkes Tasikmalaya beserta rombongan, Pembantu Direktur I Poltekkes Kemenkes Jakarta II, dan Pembantu Direktur I Poltekkes Kemenkes Yogyakarta serta perwakilan dari Pusat – Pusat di lingkungan Badan PPSDM Kesehatan.

Bapak Sugiyanto menyampaikan ucapan selamat datang kepada Prof. Sauwakon dan Dr. Mark di Badan PPSDM Kesehatan, Kementerian Kesehatan. Lebih lanjut disampaikan bahwa Poltekkes Kemenkes berjumlah 38 yang tersebar di seluruh Indonesia, dengan 337 program studi Diploma III, 133 program studi Diploma IV atau sarjana terapan dan 4 program studi Magister Terapan. Terkait dengan Health Social Sciences (HSS), Bapak Sugiyanto menyatakan tertarik karena merupakan bidang kelilmuan yang relatif baru, sangat berbeda dengan 21 jenis program studi yang ada di Poltekkes dan meminta Prof. Sauwakon untuk menjelaskan lebih lanjut.

Prof. Sauwakon menjelaskan bahwa HSS merupakan bidang baru yang mengintegrasikan prinsip-prinsip ilmu sosial, kesehatan masyarakat dan kedokteran. Melalui integrasi ini, HSS memperluas dasar pengetahuan yang bagi mahasiswa dan memperluas potensi bidang penelitian. Secara kontekstual, HSS menempatkan teori dan konsep sainskesehatan ke dalam kondisi nyata berupa penerapan, korelasi dan ekstrapolasi untuk kepentingan masyarakat. Beberapa negara di Asia dan Afrika juga tertarik untuk mengembangkan HSS. Ruang lingkup HSS di antaranya mengkaji penyakit menular dan penyakit tidak menular, akses kesehatan, asuransi kesehatan (merupakan spesialisasi Prof Sauwakon), kebijakan kesehatan, penggunaan obat dan adiksi, masyarakat marjinal, migrasi penduduk dan lain-lain).

Saat ini, mahasiswa yang sedang belajar di HSS, MA Program 8 mahasiswa dari 5 negara dan PhD Program 7 mahasiswa dari 3 negara. Mahidol University Thailand menawarkan beasiswa parsial untuk International Graduate Programs in Health Social Sciences. Selain itu, untuk pendidikan S2 dan S3, Mahidol University juga menawarkan kursus singkat (short course), pertukaran dosen dan peneliti, riset bersama, penyusunan kebijakan berbasis data (evidence based policy making), dan lain-lain.

Pada kesempatan tersebut, juga ditandatangani Letter of Intent International Graduate Programs in Health Social Sciences, Mahidol University Thailand dengan Poltekkes Kemenkes Tasikmalaya, Jakarta II, dan Yogyakarta. Dan selanjutnya akan ditindaklanjuti dengan tahap pengembangan kerjasama berupa MoU/ MoA penerapan Tridharma Perguruan Tinggi.(HDO)

Berita ini disiarkan oleh Sub Bagian Advokasi Hukum dan Humas Sekretariat Badan PPSDM Kesehaan. Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi telephone (021) 724 5517 – 72797302 , fax 739 8852

 


Bagikan

Berita Populer



08 Februari 2018 14:34:42 WIB

LAHIRNYA PROFESOR PERTAMA POLITEKNIK KESEHATAN KEMENKES RI

Terbaca 752 kali


06 Oktober 2017 14:54:11 WIB

Sosialisasi Germas di Kabupaten Banyuwangi

Terbaca 417 kali


Video

Aplikasi Online

 

Badan PPSDM Kesehatan RI

Alamat: Jl. Hang Jebat III Blok F3, Kebayoran Baru
Jakarta Selatan 12120
Kotak Pos No. 6015/JKS/GN
Telephone: 021-7245517, 72797302
Fax: 021-72797302