Home \ berita

SOSIALISASI APLIKASI E-PLANNING DAN APKAL BADAN PPSDM KESEHATAN


Merupakan agenda tahunan Bagian Program dan Informasi kegiatan ini dilaksanakan. Kali ini Yogyakarta di pilih untuk tempat penyelenggaraan pertemuan sosialisasi E-Planning dan Apkal, tepatnya di Grand Keisha Jl. Affandi Yogyakarta.

Acara dibuka oleh Sekretaris  Badan PPSDM Kesehatan, dr. Kirana Pritasaril, MQIH , kegiatan Sosialisasi  Pengembangan Aplikasi E-Planning dan APKAL Tahun 2018 dan Penyusunan Anggaran Berbasis Data Tahun 2019 (e-Planning) di lingkungan Badan Pengembangan dan Pemberdayaan SDM Kesehatan dilaksanakan, kegiatan pertemuan yang di selenggarakan  selama 3 hari terhitung mulai tanggal 2 sd 4 Mei 2018 dan diikuti oleh peserta sejumlah 150 orang yang terdiri dari Unit Pelaksana Teknis di bawah Badan PPSDM Kesehatan.

Salah satu materi penting yang harus diperhatikan oleh peserta tersebut adalah tentang mekanisme pengajuan atau menyusun anggaran dengan aplikasi e – Planning sehingga pengajuan anggaran dapat lebih tertib, transparan dan akuntabel sehingga terwujud tata kelola pemerintahan yang lebih baik (good goverment)

Dengan mendatangkan Narasumber dari Direktorat Jenderal Anggaran Kemenkeu  maka diharapkan tidak ada lagi permasalahan terkait mekanisme revisi anggaran. Namun demikian, jangan terlalu sering mengajukan revisi, karena hal ini menunjukan perencanaan yang tidak matang," jelas Kirana Pritasari.

Alur perencanaan sampai dengan evaluasi merupakan satu kesatuan yang utuh. Seperti yang telah diketahui, aplikasi untuk perencanaan dapat diakses melalui e-Planning, untuk penganggaran sudah diatur melalui sistem RKAKL, ini merupakan satu kesatuan yang saling mengikat sehingga dalam e-Planning ini juga mensyaratkan semua yang ada disini untuk dipenuhi oleh Satker-satker. Hal tersebut diatas disampaikan oleh Kepala Bagian Program dan Informasi, Sjamsul Arifin, SKM, M.Epid.

Sistem Perencanaan Elektronik (e-Planning) yang merupakan sistem perencanaan berbasis elektronik yang selalu dapat dikembangkan guna memenuhi kebutuhan Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan, Balai Besar Pelatihan Kesehatan dan Bapelkes. e-Planning adalah sebuah sistem perencanaan yang terintegrasi dengan Sistem Informasi Perencanaan dan Monitoring Evaluasi ,  selain e-Planning terdapat pula aplikasi Sarana Prasarana dan Peralatan Laboratorium (APKAL) .

Dengan Sosialisasi ini maka diharapkan  perencanaan akan lebih akuntabel dan lebih mudah untuk dipertanggungjawabkan, karena dalam proses penyusunannya telah mempertimbangkan pemanfaatan aset-aset yang telah dimiliki selama ini, baik berupa SDM, alat kesehatan, maupun sarana prasarana lainnya, serta pencapaian kegiatan di tahun sebelumnya.

Berita ini disiarkan oleh Sub Bagian Advokasi Hukum dan Humas Sekretariat Badan PPSDM Kesehaan. Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi telephone (021) 724 5517 – 72797302, fax 739 8852


Bagikan

Berita Populer


18 Juli 2017 16:58:28 WIB

Kepala Badan membuka TOT Manajemen Puskesmas

Terbaca 1346 kali


08 Februari 2018 14:34:42 WIB

LAHIRNYA PROFESOR PERTAMA POLITEKNIK KESEHATAN KEMENKES RI

Terbaca 614 kali



Video

Aplikasi Online

 

Badan PPSDM Kesehatan RI

Alamat: Jl. Hang Jebat III Blok F3, Kebayoran Baru
Jakarta Selatan 12120
Kotak Pos No. 6015/JKS/GN
Telephone: 021-7245517, 72797302
Fax: 021-72797302