Home \ berita

MASYARAKAT JENEPONTO SEPAKAT LAKSANAKAN DAN SUKSESKAN PROGRAM GERMAS


 “Gerakan masyarakat hidup sehat” adalah gerakan bersama yang memiliki beberapa tujuan mulai menurunkan beban penyakit menular dan penyakit tidak menular, baik kesakitan, kematian maupun kecacatan; menghindarkan terjadinya penurunan produktivitas; menurunkan beban pembiayaan pelayanan kesehatan karena meningkatnya penyakit dan pengeluaran kesehatan. Perbaikan lingkungan dan perubahan perilaku kearah yang lebih sehat perlu dilakukan secara sistematis dan terencana oleh semua komponen bangsa ; untuk itu GERAKAN MASYARAKAT HIDUP SEHAT (GERMAS) menjadi sebuah pilihan dalam mewujudkan derajat kesehatan masyarakat yang lebih baik.

Panitia sosialisasi germas adalah Bidang Fasilitasi Akreditasi dan Pengendalian Mutu Pendidikan Pusdik SDM Kehatan Badan PPSDM Kesehatan Kementerian Kesehatan RI,  Hadir pada acara tersebut  Kepala Bidang Fasilitasi Akreditasi dan Pengendalian Mutu Pendidikan Akemat, SKp, M.Kes dan didampingi Kepala Sub Bidang Pengendalian Mutu Pedidikan, Dian Arif Hawindati, SKM, MPd dan staf Pusat Pendidikan SDM Kesehatan. Dalam laporannya Dian Arief Hawindati, mengungkapkan, germas merupakan program atas instruksi Presiden Jokowi pada 27 Februari 2017 lalu. Melalui Inpres tersebut, Presiden menginstruksikan kepada para Menteri Kabinet Kerja, Kepala Lembaga Pemerintah Non Kementerian, Direktur Utama Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan, para Gubernur dan Bupati Walikota untuk menetapkan kebijakan dan mengambil langkah-langkah sesuai tugas, fungsi dan kewenangan masing-masing untuk mewujudkan germas.

Begitu pula yang disampaikan oleh Akemat didepan 300 orang peserta sosialisasi bahwa pada Germas upaya yang dilakukan diantaranya dengan mengedukasi masyarakat agar mengkonsumsi buah dan sayur, rutin memeriksakan kesehatan minimal enam bulan sekali sebagai upaya deteksi dini penyakit serta melakukan aktivitas fisik minimal 30 menit per-hari.

“Lebih baik mencegah dari pada mengobati. Cara mencegahnya mudah, cukup membiasakan diri hidup sehat seperti yang dianjurkan dalam germas,” ujarnya.

Lebih lanjut ia menjelaskan, pada era tahun 1990-an, penyakit yang paling banyak diderita masyarakat Indonesia adalah penyakit menular seperti Infeksi Saluran Pernapasan Atas (ISPA), Tuberkulosis (TBC) dan Diare.

Namun sekitar tahun 2010 terjadi peningkatan penderita penyakit tidak menular (PTM) seperti Jantung, Stroke dan kencing manis, peningkatan ini mengalahkan jumlah penderita penyakit menular. Pergeseran pola penyakit ini mengakibatkan meningkatnya beban pembiayaan kesehatan negara. Besarnya beban pembiayaan menanggulagi PTM inilah yang menjadi alasan pemerintah sehingga mencanangkan program germas.

Nara Sumber lain pada acara tersebut adalah Anggota DPR RI komisi IX, H,  Aliyah Mustika Ilham, mensosialisasikan program Gerakan masyarakat hidup sehat (Germas) di Gedung Sipitangarri, Jl. Lanto Dg. Pasewang, Selasa (8/5) 2018. Dan pada kesempatan itu pula Aliyah, Kepala Dinas Kesehatan, Akemat dan Dian Arif bersama beberapa elemen masyarakat  menandatangani kesepakatan untuk melaksanakan dan mensukseskan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat khususnya di Kabupaten Jeneponto Sulawesi Selatan.

Dalam sosialisasinya, legislator yang membidangi kesehatan dan tenaga kerja ini mengatakan, komisi IX sebagai mitra Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI berkomitmen mewujudkan masyarakat Indonesia yang sehat, salah satunya dengan mensukseskan program germas di seluruh pelosok nusantara.

Hadir pula pada saat itu Syafruddin Nurdin Kepala Dinas Kesehatan Kepala yang merangkap  sebagai pelaksana tugas sekretaris daerah (Sekda) Kabupaten Jeneponto. Karena Sekda Jeneponto yang lama Muhammad Sarif diganti karena memutuskan untuk pensiun dari status ASN. Dia maju sebagai bakal calon bupati Jeneponto berpasangan Andi Tahal Fasni.

Berita ini disiarkan oleh Sub Bagian Advokasi Hukum dan Humas Sekretariat Badan PPSDM Kesehaan. Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi telephone (021) 724 5517 – 72797302, fax 739 8852.


Bagikan


Video

Aplikasi Online

 

Badan PPSDM Kesehatan RI

Alamat: Jl. Hang Jebat III Blok F3, Kebayoran Baru
Jakarta Selatan 12120
Kotak Pos No. 6015/JKS/GN
Telephone: 021-7245517, 72797302
Fax: 021-72797302