Home \ berita

GERMAS MENGAJAK MASYARAKAT SUMBA TIMUR UNTUK HIDUP SEHAT


Kementerian Kesehatan melalui Pusat Pelatihan SDM Kesehatan menggaungkan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat di Kabupaten Sumba Timur - Nusa Tenggara Timur tepat pada peringatan Hari Lahir Pancasila yaitu pada tanggal 1 Juni 2018.

Asisten II Bupati Sumba Timur menyampaikan bahwa Pemerintah Daerah khususnya di Kabupaten Sumba mendukung sosialisasi GERMAS dengan mengingatkan melalui slogan kesehatan yaitu CERDIK. Cek kesehatan secara berkala, Enyahkan asap rokok, Rajin aktivitas fisik, Diet sehat dengan kalori seimbang, Istirahat Cukup serta Kelola stres. Berat memang bila harus merubah perilaku namun hal tersebut harus dilakukan.

Bersama anggota Komisi IX DPR RI dan Dinas Kesehatan Kabupaten Sumba Timur, Drs. M. Royan, M.Kes Kepala Bidang Pengendalian Mutu Pelatihan, Pusat Pelatihan SDM Kesehatan mengajak masyarakat Umalulu-Sumba Timur untuk merubah gaya hidup dengan mengkonsumsi gizi seimbang diantaranya makan buah sayur, melakukan aktivitas fisik, tidak merokok, serta rutin cek kesehatan. Seberapapun peran pemerintah tidak akan berhasil program GERMAS ini bila tidak didukung oleh seluruh lapisan masyarakat uatamanya masyarakat Kecamatan Umalulu Sumba Timur. “Mari semuanya untuk hidup lebih sehat karena sehat dimulai dari Saya”

Anita Jacoba Gah, SE anggota DPR RI Komisi IX mengingatkan masyarakat setempat untuk tidak terlalu banyak makan babi walaupun enak namun bila terlalu banyak dikonsumsi bisa menimbulkan kolesterol, darah tinggi, jantung hingga stroke. Penyakit semacam inilah yang menyebabkan anggaran pemerintah tersedot hingga pembangunan kesehatan hanya untuk pengobatan semata. Peran para ibu untuk mengatur pola makan dan menjaga kebersihan rumah serta lingkungan. Anak yang sehat diharapkan juga menjadi anak yang cerdas sehingga putra putri Sumba Timur bisa berperan dalam pembangunan Sumba Timur di masa datang.

Pihak Kabupaten Sumba Timur dalam hal ini Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinkes Kabupaten Sumba Timur, I Gede Sutedja, SKM menyampaikan bahwa mereka selalu memberikan informasi kesehatan termasuk GERMAS melalui radio atau media massa setempat serta memberikan contoh bagaimana mereka selalu melakukan aktifitas fisik dengan melakukan senam setiap jumat pagi dan melakukan peregangan otot di tempat kerja setiap jam 10.00 WITA dan 14.00 WITA serta melakukan sosialisasi GERMAS.

Antusiasme masyarakat Umalulu memberikan harapan bahwa sosialisasi GERMAS ini benar-benar diimplementasikan di kehidupan sehari-hari. “SEHAT DIMULAI DARI SAYA” (YIS)

Berita ini disiarkan oleh Bagian Hukormas, Sekretariat Badan PPSDM Kesehatan Kementerian Kesehatan RI. Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi melalui nomor telepon: 021-7245517-72797302, faks: 021-7398852 atau alamat e-mail humas_ppsdmk@yahoo.co.id


Bagikan


Video

Aplikasi Online

 

Badan PPSDM Kesehatan RI

Alamat: Jl. Hang Jebat III Blok F3, Kebayoran Baru
Jakarta Selatan 12120
Kotak Pos No. 6015/JKS/GN
Telephone: 021-7245517, 72797302
Fax: 021-72797302