Home \ berita

ANGGOTA KOMISI IX DPR RI AJAK WARGA TORAJA UTARA JADI DUTA GERMAS


TORAJA UTARA (5/9) - Kementerian Kesehatan bermitra dengan Komisi IX DPR kembali menyelenggarakan “Sosialisasi Gerakan Masyarakat Hidup Sehat”. Sosialisasi kali ini diselenggarakan di Gedung A.A. Van de Loostrech Kecamatan Rantepao  Kabupaten Toraja Utara yang dibuka oleh Asisten Administrasi Umum Sekretariat Daerah kabupaten Toraja Utara Hetty Maria G. Dalopis, M.Si dan dihadiri peserta dari pimpinan satuan kerja pemerintah daerah. Puskesmas, perwakilan Kecamatan dan Kelurahan, pengurus PKK, dan masyarakat umum.

Kegiatan sosialisasi yang berkonsep talkshow ini antara lain menghadirkan anggota Komisi IX DPR RI Dr. Ir. Markus Nari, M.Si, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Toraja Utara dr. Marsiana S. Manapa, Sp.B dan Kepala Bagian Hukum, Organisasi, dan Humas Sekretariat Badan PPSDM Kesehatan Bonar Sianturi, SH, MH bertindak sebagai narasumber. Ketiga narasumber tersebut menekankan pentingnya peran serta masyarakat dalam mensukseskan program pemerintah yang diatur dalam Instruksi Presiden Nomor 1 Tahun 2017 tersebut.

Antusiasme peserta  sosialisasi di Toraja Utaraini terlihat jelas sesi tanya jawab seputar Gerakan Masyarakat Hidup Sehat dan bagaimana mengaplikasikannya di lapangan. Bahkan di sela-sela sesi tanya jawab ini bahkan Markus Nari mengundang salah satu penanya untuk naik ke atas panggung. Beliau menantang peserta yang naik ke panggung ini serta mengajak pula para peserta sosialisasi untuk menjadi Duta Germas di Toraja Utara yang menggerakkan masyarakat skitar melaksanakan aktivitas fisik minimal 30 menit setiap hari, makan buah dan sayur, melakukan cek kesehatan secara rutin dan  terukur, serta menerapkan sanitasi yang sehat. Termasuk juga para duta germas ini agar dapatmengadvokasi pemangku kebijakan tentang pentingnya Germas bagi Toraja Utara.

Pada kegiatan ini juga dilakukan penandatanganan komitmen bersama oleh anggota DPR, Kemenkes, perwakilan pemerintah daerah, Dinas Kesehatan, dan masyarakat Toraja Utara. Adapun terkait makan buah dan sayur, ketiga narasumber sepakat untuk mendorong masyarakat di Toraja Utara agar mengonsumsi buah dan sayuran lokal  Selain dapat menggerakkan roda perekonomian cara ini dinilai efektif utk menghindarkan masyarakat dari bahaya pestisida dan pengawet yang ada pada buah-buahan impor.

Berita ini disiarkan oleh Bagian Hukormas, Sekretariat Badan PPSDM Kesehatan Kementerian Kesehatan RI. Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi melalui nomor telepon: 021-7245517-72797302, faks: 021-7398852 atau alamat e-mail humas_bppsdmk@yahoo.com


Bagikan

Berita Populer


Video

Aplikasi Online

 

Badan PPSDM Kesehatan RI

Alamat: Jl. Hang Jebat III Blok F3, Kebayoran Baru
Jakarta Selatan 12120
Kotak Pos No. 6015/JKS/GN
Telephone: 021-7245517, 72797302
Fax: 021-72797302