Home \ berita

TIM NUSANTARA SEHAT BATCH 4 TUNTAS MENYELESAIKAN TUGAS


Membangun Indonesia dari Pinggiran dengan Memperkuat Daerah-Daerah dan Desa dalam Kerangka Negara Kesatuan merupakan salah satu dari 9 (Sembilan) Agenda Prioritas (Nawacita) pemerintahan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla. Sejak tahun 2015 Kementerian Kesehatan melakukan program inovasi berupa penempatan tenaga kesehatan di puskesmas Daerah Tertinggal, Perbatasan dan Kepulauan melalui Penugasan Khusus Tenaga Kesehatan Berbasis Tim (Team Based) dalam Mendukung Program Nusantara Sehat yang dikenal dengan Nusantara Sehat Tim dan sejak tahun 2017 juga dilaksanakan penempatkan tenaga kesehatan melalui Penugasan Khusus Tenaga Kesehatan Individu atau dikenal dengan Nusantara Sehat Individu.

Pemulangan Tim Nusantara Sehat Batch 4 ini dilaksanakan dalam acara Pertemuan Koordinasi Pemulangan Tim Nusantara Sehat Batch 4 bertempat di Redtop Hotel Jakarta dari Tanggal 24 sd 27 September 2018. Acara tersebut dibuka oleh Kepala Badan PPSDM Kesehatan drg.Usman Sumantri, M.Sc. Dalam laporan Ketua Panitia yang disampaikan oleh Kepala Pusat Perencana,dan Pendayagunaan SDM Kesehatan dr. Maxi Rein Rondonuwu, DHSM, MARS disebutkan peserta Nusantara Sehat batch 4 sejumlah 270 orang telah menyelesaikan pengabdiannya selama 2 tahun di puskesmas sangat  terpencil di 48 Puskesmas se-Indonesia. Pertemuan ini juga diisi dengan dialog antara peserta pertemuan dengan Kepala Badan PPSDMK drg. Usman Sumantri,M.Sc, Kepala Pusat Perencana,dan Pendayagunaan SDM Kesehatan dr. Maxi Rein Rondonuwu, DHSM, MARS, Kepala Biro Kepegawaian Kemenkes RI drg. Murti Utami, MPH, Direktur Pelayanan Kesehatan Primer drg. Saraswati,MPH, Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya dan Pelayanan Kesehatan dr. Irmansyah, SpKJ(K) dan dipandu oleh  Sekretaris KTKI Dra. Oos Fatimah Rosyanti, M.Kes.

Keberhasilan Tim Nusantara Sehat Batch 4 dalam melaksanakan tugas merupakan lanjutkan dari keberhasilan Tim Nusantara Sehat pada batch-batch sebelumnya dimana  batch 1 retensinya  100% , batch 2 retensinya 98,7%, batch 3 retensinya 100% dan batch 4 dengan retensinya 99,2 %. Banyak pujian dan penghargaan yang diberikan dari masyarakat, Dinas Kesehatan Provinsi /Kabupaten atas pengabdian mereka selama 2 tahun sebagai Tim Penugasan Khusus Nusantara Sehat.

Dalam sambutannya, Kepala Badan PPSDM Kesehatan menyampaikan sebagai bentuk apresiasi, Kementerian Kesehatan dalam hal ini Badan PPSDM Kesehatan memberikan beberapa kesempatan untuk dipilih oleh Tenaga Kesehatan Pasca Penugasan Khusus Nusantara Sehat. Diantaranya adalah menyediakan beasiswa bantuan pendidikan, yang telah diatur dalam Permenkes nomor 13 tahun 2018. Juga diberikan kesempatan bagi yang berminat mengikuti penugasan khusus individu,  untuk mengikuti tes potensi. Peluang untuk bekerja di luar negeri bagi khususnya perawat akan difasilitasi oleh Badan PPSDM Kesehatan.  Semua bentuk apresiasi tersebut adalah untuk membangun manusia Indonesia yang lebih sehat. (YA& TIF)

Berita ini disiarkan oleh Bagian Hukormas, Sekretariat Badan PPSDM Kesehatan Kementerian Kesehatan RI. Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi melalui nomor telepon: 021-7245517-72797302, faks: 021-7398852 atau alamat e-mail humas_bppsdmk@yahoo.com


Bagikan


Video

Aplikasi Online

 

Badan PPSDM Kesehatan RI

Alamat: Jl. Hang Jebat III Blok F3, Kebayoran Baru
Jakarta Selatan 12120
Kotak Pos No. 6015/JKS/GN
Telephone: 021-7245517, 72797302
Fax: 021-72797302