Home \ berita

AKREDITASI PENYELENGGARA PELATIHAN UNTUK MENGHASILKAN SDM KESEHATAN YANG KOMPETEN


Bandung, Dalam rangka penjaminan mutu institusi penyelenggara pelatihan  bidang kesehatan perlu dilakukan akreditasi bagi institusi penyelenggara pelatihan. Dengan institusi yang terakreditasi, diharapkan pelatihan yang diselenggarakan akan bermutu sehingga menghasilkan SDM Kesehatan yang kompeten. Dengan diterapkan hasil akreditasi institusi yang sesuai dengan ketentuan, maka akan ada jaminan kepada masyarakat bahwa institusi telah memiliki standar mutu yang telah ditetapkan oleh Kemenkes sehingga pelatihan-pelatihan yang dilaksanakan dapat dijamin mutunya dan dapat dipertanggungjawabkan.

Bagi institusi penyelenggara pelatihan yang telah terakreditasi memiliki tugas melakukan fasilitasi serta pengampuan terhadap pelatihan yang diselenggarakan  oleh institusi yang belum terakreditasi yang berada di wilayahnya. Selain itu Institusi pengampu bertanggung jawab mutu penyelenggaraan pelatihan, sehingga apabila ditemukan pelatihan bidang kesehatan yang tidak prosedural ataupun tidak sesuai standar, institusi berkewajiban untuk mengingatkan.yang nantinya akan menjadi salah satu masukan bagi Puslat SDMK dalam melakukan pembinaan.

Pusat Pelatihan SDM Kesehatan (Puslat SDMK) melaksanakan pertemuan “Sosialisasi Akreditasi Institusi Penyelenggara Pelatihan Bidang Kesehatan Bagi Rumah Sakit dan Swasta” yang diselenggarakan di Grand  Pansundan Convetion  Hotel pada tanggal 10-12 Desember 2018. Tujuan dari kegiatan ini adalah memberikan informasi bagi penyelenggara pelatihan (RS Vertikal, RSUD Provinsi, RSUD Kabupaten/ Kota, RS Swasta, dan Institusi pelatihan Swasta) mengenai kebijakan dan NSPK  terkait akreditasi penyelenggara pelatihan  bidang kesehatan. NSPK terkait akreditasi institusi telah berhasil disusun oleh Puslat SDMK bersama dengan BBPK dan Bapelkes UPT milik Badan PPSDMK serta dengan beberapa Rumah Sakit yaitu berupa : Pedoman dan Petunjuk Teknis Akreditasi Institusi Penyelenggara Pelatihan Bidang Kesehatan, Instrumen Akreditasi Institusi Penyelenggara Pelatihan Bidang Kesehatan,  Standar Sumber Daya Pelatihan Bidang Kesehatan,  Petunjuk Teknis Pengampuan, dan  Pedoman Audit Mutu Internal.  Kepala Puslat SDMK Achmad Soebagjo Tancarin  mewakili Kepala Badan PPSDM Kesehatan yang berhalangan hadir, membuka  dan memberikan sambutan pada  pertemuan ini. Dalam sambutannya Achmad Soebagjo Tancarin menyampaikan pelatihan yang baik selain JPL nya lebih dari 30 (tigapuluh) jam, juga pelatihan yang tidak hanya memberikan knowledge, tapi juga peningkatan skill dan attitude yang itu merupakan tujuan dari pelatihan. Pelatihan yang hanya memberikan lebih pada pemberian pengetahuan atau knowledge cukup dilakukan berupa workshop atau semacam sosialisasi. Dalam pertemuan ini para narasumber memaparkan antara lain Kebijakan akreditasi institusi dan pelatihan, Kebijakan Akreditasi Lembaga  Diklat Bidang Kesehatan. (YA-Red)

Berita ini disiarkan oleh Bagian Hukormas, Sekretariat Badan PPSDM Kesehatan Kementerian Kesehatan RI. Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi melalui nomor telepon: 021-7245517-72797302, faks: 021-7398852 atau alamat e-mail humas_ppsdmk@yahoo.co.id


Bagikan

Berita Populer



06 Mei 2019 16:05:41 WIB

PPDS Angkatan Ke 3 Tahun 2019 Universitas Hasanuddin

Terbaca 1517 kali

08 April 2019 17:45:54 WIB

Koordinasi Pendayagunaan Dokter Spesialis Tahun 2019

Terbaca 1470 kali

07 Oktober 2019 15:40:03 WIB

Program Magang Klinik Dosen Poltekkes Kemenkes Telah Selesai

Terbaca 1284 kali


Video

Aplikasi Online

 

Badan PPSDM Kesehatan RI

Alamat: Jl. Hang Jebat III Blok F3, Kebayoran Baru
Jakarta Selatan 12120
Kotak Pos No. 6015/JKS/GN
Telephone: 021-7245517, 72797302
Fax: 021-72797302