Home \ berita

BAPELKES SEMARANG LAKUKAN SOSIALISASI GERMAS DI KARANGANYAR, KABUPATEN KEBUMEN


KEBUMEN (2/2) - Bapelkes Semarang dan Amelia Anggraini, anggota Komisi IX DPR Ri melakukan Sosialisasi GERMAS di Kabupaten Kebumen pada hari Jumat (1/2). Bertempat di Ruang Rapat Balai Petanahan, Candi Sari Hotel & Resto Jl. Raya Timur KM 2 Karanganyar Kabupaten Kebumen, acara sosialisasi dihadiri oleh kurang lebih 300 peserta. Peserta terdiri dari unsur – unsur masyarakat, perwakilan dari Puskesmas, Polsek Karanganyar dan Koramil Karanganyar.

Akhmad Mukhibin, SKM, MPH yang mewakili Kadinkes Kabupaten Kebumen, menyebutkan bahwa Sosialisasi Germas harus selalu ditingkatkan. “Di Kabupaten Kebumen, setiap minggu sudah melakukan senam. Perlu saya ingatkan untuk Kabupaten Kebumen, masih terkena bencana banjir, muncul penyakit-penyakit seperti diare dan DB. Minimal PSN dilakukan satu minggu sekali dengan menguras bak mandinya sendiri - sendiri, “ ungkap Kepala Seksi Promkes dan Pemberdayaan Masyarakat Dinkes Kabupaten Kebumen. Kemudian dilanjutkan dengan membuka acara.

Amelia Anggraini menjelaskan tentang pentingnya komitmen Pemerintah daerah untuk program JKN – BPJS. Salah satunya dengan melengkapi fasilitas pelayanan kesehatan dan tenaga medis. DPR akan memfasilitasi, mengawal dan mengawasi kebijakan – kebijakan dan memperbaiki sistem. “Tujuannya kami ingin masyarakat Kebumen sehat, tahu dan sadar bagaimana menjaga kesehatan. Berbicara GERMAS dalam konteks kemitraan antara Komisi IX dan Kementerian Kesehatan. Fungsi DPR ada 3, antara lain menyusun UU, menentukan anggaran dan pengawasan kepada Pemerintah. Pembangunan tidak hanya infrastruktur, tetapi pembangunan fundamental, kesehatan dan pendidikan. Salah satu program Nawacita, yaitu mewujudkan masyarakat sehat. Fokus DPR, peningkatan aspek pelayanan kesehatan gizi ibu dan anak dan peningkatan pengendalian penyakit tidak menular. Semua peran serta masyarakat dibutuhkan.” jelas Anggota DPR RI Komisi IX ini.

Emmilya Rosa, SKM,MKM memberi penjelasan mengenai GERMAS. Inti dari kegiatan GERMAS meliputi memperbanyak aktivitas fisik, makan buah dan sayuran, dan cek kesehatan secara berkala. Tujuan dari GERMAS, supaya masyarakat dapat berperilaku hidup sehat. “Transisi Epidemiologi saat ini. Penyakit tidak menular tinggi saat ini, dikarenakan ada perubahan pola gaya hidup. Antara lain : (1) Aktivitas fisik lebih rendah dibandingkan dulu, (2) Kurang makan sayur dan buah, (3) Banyak makan gorengan, (4) Minum minuman bersoda, (5) Malas, (6) Merokok dan (7) Minum alkohol. Saya harap, kita bisa menjadi agen perubahan, mulai dari diri sendiri, keluarga, dan masyarakat sekitarnya, “ jelas Kepala Bapelkes Semarang ini. Upaya yang dapat dilakukan masyarakat, dengan melakukan CERDIK, (1) Cek kesehatan secara berkala, (2) Enyahkan asap rokok dan tidak merokok, (3) Rajin aktivitas fisik, minimal 30 menit, (4) Diet, konsumsi makanan seimbang, (5) Istirahat yang cukup, (6) Kelola stress.

Acara sosialisasi ini juga disertai acara makan buah bersama, senam peregangan dan Maumere, penandatanganan Komitmen Bersama GERMAS dan foto bersama. (kontributor : ar)

Berita ini disiarkan oleh Bagian Hukormas, Sekretariat Badan PPSDM Kesehatan Kementerian Kesehatan RI. Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi melalui nomor telepon: 021-7245517-72797302, faks: 021-7398852 atau alamat e-mail humas_bppsdmk@yahoo.com


Bagikan


Video

Aplikasi Online

 

Badan PPSDM Kesehatan RI

Alamat: Jl. Hang Jebat III Blok F3, Kebayoran Baru
Jakarta Selatan 12120
Kotak Pos No. 6015/JKS/GN
Telephone: 021-7245517, 72797302
Fax: 021-72797302