Home \ berita

PELATIHAN CALON TKHI EMBARKASI SURABAYA BAPELKES SEMARANG GELOMBANG 1


Malang (11/3)- Pelatihan Calon Tim Kesehatan Haji Indonesia (TKHI) Gelombang I telah dibuka pada hari Senin tanggal 11 Maret 2019 bertempat di UPT Pelatihan Kesehatan Masyarakat (Latkesmas Murnajati), Kampus Lawang Malang. Pelatihan Calon TKHI Embarkasi Surabaya terselenggara atas kerjasama Balai Pelatihan Kesehatan (Bapelkes) Semarang dan UPT Latkesmas Murnajati. Acara dibuka oleh Kepala Bapelkes Semarang, Emmilya Rosa, SKM, MKM.

Acara diawali dengan laporan Ketua Panitia, Drs. Mochamad Nasir, M.Kes. Ketua Panitia menyampaikan bahwa pelatihan ini bertujuan agar peserta pelatihan mampu memberikan pembinaan, pelayanan dan perlindungan kesehatan terhadap jamaah haji kloter yang didampinginya serta tugas-tugas administrasi mulai dari asrama embarkasi, selama perjalanan, selama di Arab Saudi sampai tiba kembali di asrama Debarkasi sesuai dengan prosedur tetap yang berlaku. “ Peserta Calon TKHI Gelombang I sejumlah 125 orang, dengan waktu pelaksanaan selama 8 (delapan) hari dengan 6 (enam) hari efektif  dimulai dari tangga  9 – 17 Maret 2019,” ungkap Ketua Panitia dalam laporannya. Peserta pelatihan terdiri dari tenaga medis dokter dan perawat yang berasal dari kota dan kabupaten di Jawa Timur, yang dinyatakan lulus dalam tahapan seleksi rekrutmen peserta pelatihan kompetensi TKHI yang ditetapkan oleh Pusat Kesehatan Haji.

Selanjutnya, Kepala Bapelkes Semarang, Emmilya Rosa, SKM, MKM mewakili Kepala Pusat Pelatihan Kesehatan yang berhalangan hadir. Dalam sambutannya, disebutkan bahwa dalam Permenkes Nomor 62 Tahun 2016 tentang Penyelenggaraan Kesehatan Haji, menjaga agar Jemaah Haji dalam kondisi sehat selama di Indonesia, selama perjalanan, dan di Arab Saudi dan kembali lagi ke tanah air.  Kementerian Kesehatan  meletakkan harapan yang besar di pundak petugas TKHI agar dapat menjadi petugas kesehatan haji yang baik. Maka Kementerian Kesehatan memperketat syarat dan ketentuan petugas haji kesehatan yang salah satunya ditempuh melalui Tes MMPI dan Tes NAPZA dalam proses rekrutmen untuk menghasilkan petugas Sigap, Handal, Amanah, Responsif, Inisiatif dan Inovatif serta bebas Narkoba.

Emmilya Rosa, SKM, MKM mengingatkan kepada seluruh peserta pelatihan untuk menerapkan upaya preventif dan promotif tanpa mengabaikan upaya kuratif dan rehabilitatif. “Aku cinta sehat, ayo hidup sehat mulai dari kita. Luruskan niat kembali bahwa ini tugas Saudara – saudara bukan perjalanan haji,” pesan Kepala Bapelkes Semarang. Kemudian dilanjutkan dengan membuka acara Pelatihan TKHI Embarkasi Surabaya Gelombang I yang terdiri dari 4 angkatan. (ar)

Berita ini disiarkan oleh Bagian Hukormas, Sekretariat Badan PPSDM Kesehatan Kementerian Kesehatan RI. Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi melalui nomor telepon: 021-7245517-72797302, faks: 021-7398852 atau alamat e-mail humas_bppsdmk@yahoo.com


Bagikan


Video

Aplikasi Online

 

Badan PPSDM Kesehatan RI

Alamat: Jl. Hang Jebat III Blok F3, Kebayoran Baru
Jakarta Selatan 12120
Kotak Pos No. 6015/JKS/GN
Telephone: 021-7245517, 72797302
Fax: 021-72797302