Home \ berita

DEMI MEWUJUDKAN MASYARAKAT SEHAT , PUSAT PELATIHAN SDM KESEHATAN LAKUKAN SOSIALISASI GERMAS.


Penyakit Diabetes Melitus merupakan salah satu penyakit yang banyak diderita oleh penduduk di Indonesia. Hasil Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) memperlihatkan peningkatan angka prevalensi Diabetes yang cukup signifikan, yaitu dari 6,9% di tahun 2013 menjadi 8,5% di tahun 2018. Mengutip dari laman http://www.depkes.go.id pada artikel tentang “CEGAH, CEGAH, dan CEGAH: Suara Dunia Perangi Diabetes”, upaya efektif untuk mencegah dan mengendalikan diabetes harus difokuskan pada faktor-faktor risiko disertai dengan pemantauan yang teratur dan berkelanjutan dari perkembangannya karena faktor risiko umum pada Penyakit Tidak Menular (PTM) di Indonesia relatif masih tinggi, yaitu 33,5% tidak melakukan aktivitas fisik, 95% tidak mengonsumsi buah dan sayuran, dan 33,8% populasi usia di atas 15 tahun merupakan perokok berat.

Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) merupakan suatu tindakan sistematis dan terencana yang dilakukan secara bersama-sama oleh seluruh komponen bangsa dengan kesadaran, kemauan dan kemampuan berperilaku sehat untuk meningkatkan kualitas hidup. GERMAS dapat dilakukan dengan cara: Melakukan aktifitas fisik, Mengonsumsi sayur dan buah, Tidak merokok, Tidak mengonsumsi alkohol, Memeriksa kesehatan secara rutin, Membersihkan lingkungan, dan Menggunakan jamban. Pada tahap awal, GERMAS secara nasional dimulai dengan berfokus pada tiga kegiatan, yaitu: 1) Melakukan aktivitas fisik 30 menit per hari, 2) Mengonsumsi buah dan sayur; dan 3) Memeriksakan kesehatan secara rutin. 

Pusat Pelatihan SDM Kesehatan melakukan kegiatan  Sosialisasi Germas di Kota Solok – Sumatera Barat pada tanggal 13 Maret 2019 dengan bertempat di Aula SMPN 5  Kota Solok. Dalam kegiatan tersebut juga dihadiri oleh anggota komisi IX DPR RI dr.H.Suir Syam,M.Kes, dan merupakan sebagai salah satu wujud dukungan dewan terhadap GERMAS. Sosialisasi GERMAS di Kota Solok ini dilaksanakan oleh tim dari Pusat Pelatihan SDM Kesehatan yang dipimpin oleh Kepala Sub Bagian Tata Usaha Pusat Pelatihan SDM Kesehatan – Badan PPSDM Kesehatan Dra.Euis Maryani,M.Kes dan bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Barat serta Dinas Kesehatan Kota Solok. Pertemuan tersebut dihadiri oleh masyarakat setempat, tokoh agama, tokoh masyarakat , apparat desa, Kepala Puskesmas, Dinas Kesehatan Kota Solok serta perwakilan dari  BPJS Kesehatan Kota Solok.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Solok  dr. Hj. Ambun Kadri,MKM yang mewakili Walikota Solok dalam sambutannya menyambut baik kegiatan Sosialisasi GERMAS yang diselenggarakan di Kota Solok. Saat ini Kota Solok telah mengeluarkan inovasi pelayanan 119 bagi masyarakat yang membutuhkan layanan gawat darurat dan pelayanan pengurusan jenazah. Selain itu Pemerintah Kota Solok juga telah melakukan Universal Health Coverage dengan bekerjasama BPJS Kesehatan bagi seluruh masyrakatnya. Ragam acara yang dilaksanakan pada kegiatan Sosialisasi GERMAS diantaranya adalah paparan tentang GERMAS yang disampaikan oleh Kepala Seksi Promosi dan Pemberdayaan Masyarakat  Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Barat Desra Elena,SKM,MKM, paparan mengenai stunting oleh Dra.Euis Maryani,M.Kes serta pengarahan dan motivasi untuk hidup sehat oleh dr.H.Suir Syam,M.Kes.

dr.H.Suir Syam,M.Kes dalam kesempatan tersebut mengajak masyarakat yang hadir untuk mulai melaksanakan gerakan hidup sehat dengan melakukan :  perubahan perilaku yang terkait makanan sehat dan berimbang dengan melakukan  aktivitas fisik serta menghindarkan diri dari rokok dan alcohol. Juga melakukan pemeriksaan kesehatan secara berkala.

Kegiatan Sosialisasi ini juga diisi dengan melakukan makan buah secara bersama dan penandatanganan Komitmen Bersama dalam rangka mendukung sepenuhnya pelaksanaan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat demi Indonesia Sehat oleh narasumber dan tamu undangan.

Berita ini disiarkan oleh Bagian Hukormas, Sekretariat Badan PPSDM Kesehatan Kementerian Kesehatan RI. Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi melalui nomor telepon: 021-7245517-72797302, faks: 021-7398852 atau alamat e-mail humas_bppsdmk@yahoo.com


Bagikan


Video

Aplikasi Online

 

Badan PPSDM Kesehatan RI

Alamat: Jl. Hang Jebat III Blok F3, Kebayoran Baru
Jakarta Selatan 12120
Kotak Pos No. 6015/JKS/GN
Telephone: 021-7245517, 72797302
Fax: 021-72797302