Home \ berita

PEMBEKALAN TIM NUSANTARA SEHAT BATCH 12 DAN TUGSUS INDIVIDU ANGKATAN 3 DAN 4 TAHUN2019


Pembekalan nusantara sehat team based diikuti oleh 281 orang. Adapun rincian peserta berdasarkan profesi adalah sbb: Dokter Umum 12 orang, Dokter Gigi  2 orang, Bidan 46 orang, Perawat 49,  Analis Laboratorium 45 orang, Farmasi  33 orang,  Kesehatan Masyarakat  22 orang, Kesehatan Lingkungan  27orang,  Tenaga Gizi  45 orang.

Sedangkan Penugasan Khusus Individu Gelombang 2 diikuti oleh 60 orang yang terbagi kedalam 2angkatan. Pembagian peserta per angkatan, dengan memperhatikan pembagian tim lokus puskesmas. Adapun rincian peserta berdasarkan profesi adalah sbb: Dokter Umum 4 orang, Dokter Gigi 5 orang, Bidan  5 orang,  Perawat 7 orang, Analis Laboratorium  12orang, Farmasi  6 orang, Kesehatan Masyarakat  4 orang,  KesehatanLingkungan  3,  Tenaga Gizi 14 orang. Pembekalan Nusantara Sehat Tim akan dilaksanakan pada tanggal 21 April s.d. 23 Mei 2019 atau 34 Hari. Sebelum menerima materi program  siswa Nusantara Sehat akan mendapat materi bela negara sebanyak 25 JPL pada awal pembelajaran yang dibimbing langsung oleh para Pembina dari Pusdikkes TNI AD.

 Program  Kementerian Kesehatan  menitik beratkan pada materi Manajemen Puskesmas, Manajemen Pendekatan Keluarga Sehatdan  Aplikasi, Program  Gizi, Promkes, kesling, dan P2P. Peserta dibekali juga dengan materi penunjang berupa Team  Building, Advokasi, Kolaborasi, Manajemen Bencana dan kegawat dauratan serta nilai sosial budaya masyarakat.

Sesi Inspirasi atau materi kebijakan diantaranya  materi kebijakan yang dipaparkan oleh SekretarisJenderal Kementerian Kesehatan, Direktur jenderalKesmas,Yankes, DirjenP2P, KepalaBadanPPSDM Kesehatan,HPU dan budaya anti korupsi, Praktek lapangan diRumah Sakit dan Puskesmas. Penyusunan RUK NS yang akan diseminarkan dihadapan Kepala Puskesmas Lokus.

Selain itu,Program Nusantara Sehat,diyakini mampu meningkatkan jumlah, jenis, sebaran dan mutu tenaga kesehatan,karena melibatkan berbagai profesi tenaga kesehatan terlatih dengan membawa semangat Nawacita poin 3, yaitu Membangun Indonesia dari Pinggiran dengan memperkuat Daerah-Daerah dan Desa dalam  Kerangka Negara Kesatuan.

 

Pada pembekalan ini peserta NS dapat belajar mengenali  situasi dan kondisi budaya, masyarakat, permasalahan kesehatan ditempat tugas, membangun kerjasama serta menyiapkan diri baik secara fisik maupun mental sehingga dapat beradaptasi dengan baik dilingkungan tempat tugas.

Diharapkan setelah mengikuti pembekalan, adik-adik dapat mendukung Pemerintah menjadi ujung tombak layanan kesehatan di NKRI dengan berbekal disiplin, loyalitas, dedikasi, jiwakorsa, dan semangat pantang menyerah,serta tidak mudah putus asa untuk memberikan layanan kesehatan paripurna dengan tetap berkolaborasi bersama aparat pemerintah daerah dan lintas sektor lainnya diwilayah Kerja masing-masing.

Berita ini disiarkan oleh Bagian Hukormas, Sekretariat Badan PPSDM Kesehatan Kementerian Kesehatan RI. Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi melalui nomor telepon: 021-7245517-72797302, faks: 021-7398852 atau alamat e-mail humas_bppsdmk@yahoo.com


Bagikan


Video

Aplikasi Online

 

Badan PPSDM Kesehatan RI

Alamat: Jl. Hang Jebat III Blok F3, Kebayoran Baru
Jakarta Selatan 12120
Kotak Pos No. 6015/JKS/GN
Telephone: 021-7245517, 72797302
Fax: 021-72797302