Home \ berita

ONE HOUR UNIVERSITY (OHU) KEMENTERIAN ESDM


JAKARTA (15/5) - Acara One Hour University (OHU) Kementerian ESDM diselenggarakan Rabu 15 Mei 2019 di Ruang Sarulla Gedung Sekjen Kementerian ESDM. Acara ini mengusung tema "We Are Changing for a better future of Indonesia : Menghadapi Revolusi Industri 4.0". Acara tersebut mengundang pejabat dan pegawai di lingkungan Kementerian ESDM dan Dinas ESDM seluruh Indonesia.

Acara dibuka oleh Wakil Menteri ESDM, Archandra Tahar. Dalam sambutannya beliau menyampaikan, era disrupsi adalah keniscayaan dan semua harus siap menghadapi. Revolusi di bidang energi sudah dilakukan melalui pengembangan energi terbarukan, energi yang efektif dan efisien, pengembangan SDM yang berkarakter dan inovasi lain.

OHU menghadirkan tokoh inspiratif yang telah memberikan inovasi, inspirasi dan motivasi yaitu Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati yang menyampaikan materi Pengembangan SDM di Era Revolusi Industri 4.0 : Perubahan dan konsekuensinya kepada kita. Pada era revolusi industri 1.0 dan 2.0 hanya negara maju yang mendapatkan benefit. Pada era revolusi industri 3.0 beberapa negara-negara emerging force bertransformasi menjadi negara maju seperti Singapura dan Korea Selatan. Pada era revolusi industri 4.0 merupakan "The Convergence Momentum", Kita belajar dari history dan cross section di antara negara-negara lain. Salah satu pendorong kemajuan adalah masuknya investasi dari luar negeri. 

Tantangan yang harus diatasi banyak negara di antaranya, secara institusi, kurangnya sinergi dan koherensi, inefisiensi birokrasi, peraturan yang tidak ramah pasar, dan tata kelola ýang lemah (korupsi). Dari sisi SDM, kompleksitas regulasi naker, skill missmatch, naker berpendidikan rendah. ASN bisa berkontribusi menjadi solusi dan tidak menjadi sumber problem. Revolusi industri 4.0 menciptakan kesempatan kepada semua orang untuk berkembang. Dengan digital ekonomi muncul platform. Digitalisasi (teknologi, data dan komunikasi) mendorong pertumbuhan dan konektvitas global.

Pada kesempatan tersebut, Badan PPSDM Kesehatan dan beberapa Badan  diundang sebagai mitra Kementerian Kesehatan dalam pengembangan SDM Indonesia dan kepemimpinan yang berkarakter. (Kontributor: Hendro Saputro)

Berita ini disiarkan oleh Bagian Hukormas, Sekretariat Badan PPSDM Kesehatan Kementerian Kesehatan RI. Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi melalui nomor telepon: 021-7245517-72797302, faks: 021-7398852 atau alamat e-mail humas_bppsdmk@yahoo.com


Bagikan


Video

Aplikasi Online

 

Badan PPSDM Kesehatan RI

Alamat: Jl. Hang Jebat III Blok F3, Kebayoran Baru
Jakarta Selatan 12120
Kotak Pos No. 6015/JKS/GN
Telephone: 021-7245517, 72797302
Fax: 021-72797302