Home \ berita

KUNKER MENKES KE BPPSDM KESEHATAN


Jakarta, (06/1), Menteri Kesehatan RI Letjen TNI (Purn) Dr. dr. Terawan Agus Putranto, Sp. Rad (K) disela-sela kesibukannya menjadwalkan kunjungan kerja sekaligus rapat kerja pada Satuan Kerja di Lingkungan Kementerian Kesehatan. Menteri Kesehatan melakukan kunjungan kerja ke salah satu Unit Utama yang membidangi Sumber Daya Manusia Kesehatan yaitu Badan Pengembangan dan Pemberdayaan Sumber Daya Manusia Kesehatan (BPPSDMK) di Jalan Hang Jebat III Blok F 3 Kebayoran Baru Jakarta Selatan. Pada acara kunker Menkes tersebut dihadiri juga oleh ; BrigjenTNI (Purn) dr. JAJANG EDI PRIYATNO, Sp.B., M.A.R.S. sebagai Staf Khusus Menkes Bidang Peningkatan Pelayanan, Brigjen TNI (Purn) dr. ALEXANDER KALIAGA GINTING SUKA, Sp.P, F.C.C.P. sebagai Staf Khusus Menkes Bidang Pembangunan dan Pembiayaan Kesehatan, Mayjen TNI (Purn) dr. DANIEL TJEN, Sp.S. sebagai Staf Khusus Menkes Bidang Tata Kelola Pemerintahan. dr. MARIYA MUBARIKA sebagai Staf Khusus Menkes Bidang Peningkatan Sumber Daya Manusia Kesehatan serta seluruh pejabat struktural BPPSDMK, Balai Besar Pelatihan Kesehatan, Balai Pelatihan Kesehatan, dan sebagian besar Direktur Poltekkes kemenkes 

Badan PPSDM Kesehatan merupakan salah satu Unit Utama yang memiliki Satuan Kerja (Satker) Eselon II dan Unit Pelaksana Teknis (UPT) cukup banyak, baik yang berada di pusat maupun yang tersebar di 33 provinsi di Indonesia.  Satker Eselon II dan UPT Badan PPSDM Kesehatan meliputi 2 (dua) Sekretariat, 4 (empat) Pusat, 38 (tiga puluh delapan) Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan (Poltekkes Kemenkes), 3 (tiga) Balai Besar Pelatihan Kesehatan (BPPK), dan 3 (tiga) Balai Pelatihan Kesehatan (Bapelkes). Kujungan kerja Menteri Kesehatan kali ini merupakan kunjungan kedua ke unit teknis setelah sebelumnya mengunjungi Badan Litbangkes. Kunjungan ini selain sebagai bentuk silahturahmi dengan keluarga besar Badan PPSDM Kesehatan, juga untuk melihat secara langsung dan melakukan pendalaman program pengembangan dan pendayagunaan SDM Kesehatan yang saat ini menjadi perhatian khusus Presiden yang tertuang dalam visi dan misi Presiden.

Dewasa ini program-program Pemerintah yang menjadi tanggung jawab Kementerian Kesehatan dalam pemenuhan sumber daya manusia dibidang tenaga kesehatan merupakan hal yang menjadi perhatian semua kalangan. Terutama dalam hal pemenuhan tenaga kesehatan di Daerah Terpencil, Perbatasan, Dan Kepulauan (DTPK). Pemenuhan tenaga kesehatan pada zona terluar menjadi perhatian khusus baik melalui program Internsip Dokter, maupun program Nusantara Sehat (Team/Individu).

Dalam kesempatan tersebut Menteri Kesehatan mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada keluarga besar Badan PPSDM Kesehatan  atas dukungan dan komitmen yang telah diberikan kepada Kementerian Kesehatan selama tahun 2019 khususnya dalam pengembangan dan pemberdayaan SDM Kesehatan. Badan PPSDM Kesehatan berperan penting dalam mewujudkan salah satu visi Presiden yaitu pembagunan sumber daya manusia. Salah satu fokus Presiden adalah menjamin kesehatan ibu hamil dan anak usia sekolah, serta pengentasan stunting. Hal ini berarti kualitas pelayanan kesehatan harus ditingkatkan, yang mana keberhasilannya sangat terkait erat dengan ketersediaan dan kualitas dari tenaga kesehatan yang merupakan tugas utama Badan PPSDM Kesehatan. Tenaga kesehatan merupakan sentral dan motor penggerak pelayanan kesehatan. Karenanya Kementerian Kesehatan harus memastikan bahwa masyarakat terpenuhi haknya dalam mengakses pelayanan melalui penyediaan tenaga kesehatan di seluruh pelosok nusantara, yang tidak hanya terdistribusi merata secara jumlah dan jenis, tetapi terjamin pula kualitas tenaganya.

Menteri Kesehatan juga menyampaikan bahwa dalam mengemban tanggung jawab dalam pemenuhan sumber daya manusia kesehatan  tidaklah mudah, tetapi dengan semangat optimis serta kerja keras dan sinergi semua komponen, maka segala tantangan itu dapat kita lalui. Seluruh Pusat dan Konsil Tenaga Kesehatan Indonesia, serta Poltekkes Kemenkes sebagai UPT Badan PPSDM Kesehatan harus saling berkolaborasi, bekerja secara harmonis dalam satu nada, berjalan seiring selaras dengan langkah strategis program PPSDM Kesehatan. Peran keluarga besar Badan PPSDM Kesehatan merupakan bagian dari kekuatan besar dalam meraih sukses ini. Kita patut bersyukur, diberikan kesempatan dan tenaga dari Tuhan untuk berkarya dan melayani masyarakat negeri tercinta melalui bidang kesehatan. Dengan kerja cerdas, ikhlas, dan tanggung jawab, niscaya akan terwujud derajat kesehatan yang tinggi untuk mewujudkan SDM Unggul Indonesia Maju.

Berita ini disiarkan oleh Bagian Hukormas, Sekretariat Badan PPSDM Kesehatan Kementerian Kesehatan RI. Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi melalui nomor telepon: 021-7245517-72797302, faks: 021-7398852 atau alamat e-mail humas_bppsdmk@yahoo.com


Bagikan


Video

Aplikasi Online

 

Badan PPSDM Kesehatan RI

Alamat: Jl. Hang Jebat III Blok F3, Kebayoran Baru
Jakarta Selatan 12120
Kotak Pos No. 6015/JKS/GN
Telephone: 021-7245517, 72797302
Fax: 021-72797302