Home \ berita

SISTEM PEMBELAJARAN DISTANCE LEARNING DI PEMBEKALAN NSI


Seiring dengan adanya perluasan kapasitas dan penambahan fasilitas pelayanan kesehatan khusus penanggulangan COVID-19,Kementerian Kesehatan cq Badan PPSDM Kesehatan terus merekrut tenaga Kesehatan yang akan ditugaskan dalam penugasan khusus tenaga kesehatan Nusantara Sehat Individu (NSI) dalam rangka Darurat Bencana Wabah Penyakit Akibat Covid-19. Untuk meningkatkan kompetensi Tenaga NSI yang direkrut agar siap untuk ditugaskan, mereka diberikan Pelatihan Pembekalan Penugasan Khusus Tenaga Kesehatan Nusantara Sehat Individu dalam Rangka Darurat Bencana Wabah Penyakit Akibat Covid-19.

Balai Pelatihan Kesehatan (Baplekes) Batam dan Balai Besar Pelatihan Kesehatan (BBPK) Makassar ditunjuk untuk melaksanakan pelatihan tersebut. Dalam rangka mematuhi anjuran pemerintah untuk melakukan social distancing , para peserta mengikuti pelatihan pembekalan di tempatnya masing-masing melalui sistem pembelajaran distance learning yang memanfaatkan aplikasi  Google Hangout Meeting. Peserta pelatihan pembekalan mendapatkan 30 (tiga puluh) jam pelatihan (JPL) dengan tujuan antar lain agar peserta NSI dapat menjelaskan situasi dan konsep dasar Covid-19, surveilans dan penyelidikan epidemiologi Covid-19, pencegahan dan pengendalian infeksi Covid-19, pengelolaan spesimen dan konfirmasi laboratorium, manajemen klinis infeksi Covid-19, dukungan psikososial dan Kesehatan jiwa PFA pada kejadian bencana, komunikasi komunikasi resiko-pemberdayaan masyrakat dan KIE dalam pencegahan dan penanggulangan Covid-19 serta pengelolaan obat dan Bahan Medis Habis Pakai (BHMP) dalam penanganan Covid-19.

Sebanyak 59 peserta yang terdiri dari Dokter Umum (3 orang), ATLM (9 orang), Farmasi (13 Orang), Perawat (20 orang) dan Tenaga Gizi (14 orang) mengikuti pelatihan pembekalan yang dilaksanakan oleh Bapelkes Batam dan berlangsung pada tanggal 28-30 April 2020. Pelatihan pembekalan ini dibuka oleh Kepala Badan PPSDM Kesehatan Prof. Abdul Kadir, Ph.D, Sp.THT-KL (K), MARS yang juga memberikan materi mengenai Kebijakan Penugasan Khusus Tenaga Kesehatan Individual pada situasi Pandemi COVID-19.

Pelatihan Pembekalan Penugasan Khusus Tenaga Kesehatan Individual pada situasi Pandemi COVID-19 ditutup oleh Kepala Pusat Perencanaan dan Pendayagunaan SDM Kesehatan  dr. Maxi Rein Rondonuwu, DHSM, MARS pada tanggal 30 April 2020. Sumber : DM & AZM – Bapelkes Batam (Red/YA)

 

Berita ini disiarkan oleh Bagian Hukormas, Sekretariat Badan PPSDM Kesehatan Kementerian Kesehatan RI. Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi melalui nomor telepon: 021-7245517-72797302, faks: 021-7398852 atau alamat e-mail humas_bppsdmk@yahoo.com


Bagikan


Video

Aplikasi Online

 

Badan PPSDM Kesehatan RI

Alamat: Jl. Hang Jebat III Blok F3, Kebayoran Baru
Jakarta Selatan 12120
Kotak Pos No. 6015/JKS/GN
Telephone: 021-7245517, 72797302
Fax: 021-72797302