Home \ berita

BADAN PPSDM KESEHATAN GELAR PERKONAS DENGAN USUNG TEMA KOLABORASI SEKTOR PARIWISATA DAN KESEHATAN


BALI (29/2021) - Pertemuan Koordinasi Nasional Perguruan Tinggi Bidang Kesehatan (Perkonas) kembali digelar. Kali ini mengambil lokasi di Kabupaten Badung, Bali. Kegiatan ini berlangsung pada 28 September-1 Oktober 2021. Pelaksana Tugas Kepala Badan PPSDM Kesehatan dr. Kirana Pritasari, MQIH menyampaikan bahwa Provinsi Bali dipilih dengan tujuan memulihkan pariwisata di Pulau Dewata. Ini sesuai dengan tema yang diusung yaitu Kolaborasi Sektor Pariwisata dan Kesehatan dalam Pemulihan Ekonomi Melalui Wisata Sehat dan Aman.

Pertemuan ini terasa spesial dengan kehadiran Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Dr. H. Sandiaga Salahuddin Uno, B.B.A., M.B.A. Beliau memuji langkah Kemenkes yang ikut mendukung pemulihan ekonomi. Kesehatan dan pariwisata di masa pandemi ini seolah-olah seperti dua sisi yang bertentangan, di mana pariwisata selalu berupaya menarik keramaian sementara kesehatan mengharapkan tidak ada kerumunan selama masa pandemi, Namun jika dikelola dengan baik kedua sisi ini akan beriringan dan saling mendukung. Beliau  berharap ke depan ada upaya pengembangan wisata kesehatan (health tourism).

Sekretaris Daerah Provinsi Bali drs. Dewa Made Indra, MSi yang turut hadir dalam acara tersebut mengapresiasi dan menyampaikan terima kasihnya atas kesediaan Kementerian Kesehatan menggelar pertemuan di Pulau Bali ini. Beliau berharap para peserta Perkonas tetap menerapkan protokol kesehatan agar ketika meninggalkan Bali tetap dalam keadaan sehat yang akan meningkatkan reputasi Bali sebagai destinasi wisata yang aman.

Dalam kegiatan ini dilakukan pula  penandatanganan Nota Kesepahaman antara Pusat Pendidikan SDM Kesehatan dengan 3 RSUP (RSUP M.Djamil Padang, RSUP Wahidin Soediro Husodo Makassar, dan RSUP Sanglah Denpasar). Selain itu dilaksanakan pula pemberian penghargaan Klasterisasi Poltekkes Kemenkes terbaik kepada kepada Poltekkes Surabaya, Poltekkes Yogyakarta, Poltekkes Semarang, Poltekkes Malang, Poltekkes Bandung, Poltekkes Makassar, dan pembetian penghargaan publikasi buku ajar terbit dan penghargaan publikasi artikel jurnal international berprestasi.

Perkonas tahun ini diselenggarakan secara hibrid (tatap muka dan daring). Peserta kegiatan merupakan perwakilan dari 38 Poltekkes  Kemenkes. Peserta luring yg telah hadir sebayak 159 orang terdiri dari Direktur dan jajaran pimpinan di tingkat poltekkes Kemenkes.

TIM HUMAS PPSDM (hlg/tif/rez)


Bagikan


Video

Aplikasi Online

 

Badan PPSDM Kesehatan RI

Alamat: Jl. Hang Jebat III Blok F3, Kebayoran Baru
Jakarta Selatan 12120
Kotak Pos No. 6015/JKS/GN
Telephone: 021-7245517, 72797302
Fax: 021-72797302