Home \ berita

PENSIUN BAGI PEGAWAI BUKANLAH AKHIR DARI SEGALANYA


Memasuki masa pensiun bagi Pegawai Negeri Sipil (PNS)  adalah sebuah garis akhir dari pengabdian puluhan tahun kepada negara. Bagi sebagian orang masa pensiun adalah saat menikmati hasil atas kerja keras yang telah dilakukan, namun tidak sedikit orang yang menghadapinya dengan perasaan khawatir  dan kebingungan karena masih adanya kewajiban ataupun kebutuhan yang harus dipenuhi. Seungguhnya bagi PNS yang memasuki masa pensiun serta memiliki kondisi tubuh bugar dan siap berkarya, dapat mengisi waktunya untuk melaksanakan kegiatan produktif dan menghasilkan. “Usia hanyalah sebuah angka” adalah sebuah kata bijak yang sering kita dengar dan dapat dipergunakan sebagai motivasi untuk terus berkarya. Keberhasilan pendiri Kentucky Fried Chicken (KFC) diusia senja menunjukan bahwa usia bukanlah sebuah halangan bagi seseorang untuk berkarya dan berhasil.

Ada berbagai jalan yang dapat ditempuh instansi dalam mempersiapkan pegawainya untuk menghadapi masa pensiun. Salah satu di antaranya adalah memberikan pembekalan mengenai berbagai alternatif kegiatan yang dapat dikerjakan pada atau sebagai persiapan menjelang masa pensiun nantinya. Sekretariat Badan PPSDM Kesehatan melalui Subtansi Umum dan Kepegawaian melaksanakan kegiatan  PEMBEKALAN PRAPENSIUN PEGAWAI DI LINGKUNGAN BADAN PPSDM KESEHATAN TAHUN 2021  yang dilaksanakan secara luring maupun daring dan diikuti sebanyak 688 orang. Mengundang narasumber profesional yang berhasil pada bidangnya yaitu Akhmad Basori, SE, M.Si (motivator, penulis dan enterpreneur), dr. Aisyah Dahlan, SHt, SM.NLP (praktisi medis, konsultan, hypnotherapist, dan praktisi neuroparenting skill), Danu Sofwan (CEO PT. Warisan Kuliner Indonesia). Dari penyampaian para narasumber tersebut diharapkan para pegawai yang akan pensiun mempunyai sikap mental, emosional kesehatan, intelektual, manajemen stres, berfikir positif, perencanaan keuangan dan keterampilan yang baik pada masa pensiun; mampu menyusun rencana tindakan untuk mengembangkan karir kedua atau memulai bidang usaha; serta  mempunyai keterampilan untuk menjadi pengusaha sesuai dengan keinginan dan kemampuan misalnya : bidang agribisnis, industri kecil, jasa, dan lain sebagainya.

               Sekretaris Badan PPSDM Kesehatan dr.Trisa Wahjuni Putri,M.Kes dalam kesempatan membuka kegiatan tersebut menyampaikan antara lain “Pensiun bagi pegawai bukanlah akhir dari segalanya. Sangat banyak peluang dan kesempatan untuk berbuat lebih banyak bahkan justru kesuksesan dan kebahagiaan dalam hidup sering diperoleh seseorang tatkala memasuki masa pensiun”. Diharapkan kepada seluruh pegawai yang akan dan telah pensiun dapat mengisi waktu kosongnya dengan sebuah aktivitas yang bermanfaat bagi diri sendiri maupun orang lain.

Berita ini disiarkan oleh Subtansi Hukormas, Sekretariat Badan PPSDM Kesehatan Kementerian Kesehatan RI. Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi melalui nomor telepon: 021-7245517-72797302, faks: 021-7398852 atau alamat e-mail humas_bppsdmk@yahoo.com (Red. YA @2021)


Bagikan


Video

Aplikasi Online

 

Badan PPSDM Kesehatan RI

Alamat: Jl. Hang Jebat III Blok F3, Kebayoran Baru
Jakarta Selatan 12120
Kotak Pos No. 6015/JKS/GN
Telephone: 021-7245517, 72797302
Fax: 021-72797302