NUSANTARA SEHAT BATCH XI SIAP BERANGKAT


Kementerian Kesehatan berkomitmen tetap terus membangun kesehatan masyarakat dari pinggiran seperti yang tertuang dalam nawacita. Melalui program Nusantara Sehat berbasis tim dan Nusantara Sehat Individu (tugsus) tenaga kesehatan dikirim ke pelosok negeri, daeerah terpecil, perbatasan dan kepulauan untuk memenuhi lokus yang masih belum terisi tenaga kesehatannya. Sampai saat ini rekrutmen tenaga kesehatan melalui program Nusantara Sehat (NS)  telah mencapai batch yang ke XI untuk NS berbasis tim dan angkatan ke 15 dan 16 bagi NS individu, pada tanggal 13 Nopember 2018 di pelataran lapangan BBPK CILOTO Kepala Badan PPSDM Kesehatan Usman Sumantri menutup pelatihan pembekalan NS berbasis tim batch XI dan NS tugsus angkatan 15 dan 16 yang jumlah siswanya 263 NS berbasis tim dan 60 siswa tugsus. Berakhirnya atau telah selesainya pembekalan secara simbolis Kepala Badan PPSDM Kesehatan melepas atribut yang dipakai selama pembekalan pelatihan dan menggantikannya denga pemasangan PIN NS yang menandakan bahwa para siswa telah resmi sebagai anggota Nusantara Sehat Batch XI setelah selama 35 hari siswa NS Batch XI menjalani pembekalan di Balai Besar Pelatihan Kesehatan Ciloto.

Usman Sumantri menjelaskan, Nusantara Sehat merupakan salah satu upaya pemerintah untuk meningkatkan mutu dan persebaran tenaga kesehatan terutama di daerah tertinggal, terpencil, dan perbatasan. Tenaga kesehatan yang terpilih akan menjalankan dua tugas pokok, yakni tugas individu atau khusus dan tugas berbasis tim. “Kalau tugas individu sesuai dengan profesi nakesnya. Contohnya bidan membantu proses bersalin. Kalau tugas berbasis tim, kami akan melakukan upaya-upaya penyuluhan dan pencegahan terhadap suatu masalah kesehatan atau penyakit. Pada bulan Nopember 2018 ini  Ke-323 tenaga kesehatan Nusantara Sehat telah melalui proses pembekalan dan pelatihan sebelum akhirnya mendapat penempatan. “Karena penempatannya di daerah terpencil, TNI (Tentara Nasional Indonesia) juga memberikan latihan militer pada mereka agar kemampuan survivalnya baik. Selain itu kami sudah tes kondisi psikis mereka karena akan berbeda kondisinya nanti disana,” ujar Usman Sumantri.

Rencananya tenaga kesehatan NS Batch XI ini akan ditempatkan  di 12 provinsi, 24 kabupaten dan 40 puskesmas. Pada acara penutupan pembekalan tersebut Menteri Kesehatan hadir dan memberikan arahan kepada para siswa NS  Batch XI, hadir pula pejabat eselon 2 ,3 dan 4 . Rencana pada esok harinya tim ini segera  diberangkatkan menuju lokasi penempatan. Selamat dan sukses NS BATCH XI.

Dalam arahannya Menteri Kesehatan Nila F. Moeloek Menkes berharap setelah peserta Tim Nusantara Sehat mendapat pembekalan, mampu menjadi ujung tombak pelayanan kesehatan di daerah perbatasan NKRI dengan berbekal disiplin, loyalitas, dedikasi, jiwa korsa, dan semangat pantang menyerah di tempat tugasnya dalam rangka memberikan pelayanan kesehatan paripurna dan semua peserta NS dapat menjadi penggerak dalam penguatan layanan kesehatan di Puskesmas, terutama terkait penanganan stunting, TB dan Imunisasi. Menkes juga mengimbau kepada peserta NS untuk menjadi tenaga kesehatan yang bisa diandalkan oleh masyarakat. Dapat bersinergi dengan tenaga kesehatan setempat, dinas kesehatan, pemerintah daerah, dan masyarakat.

Berita ini disiarkan oleh Bagian Hukormas, Sekretariat Badan PPSDM Kesehatan Kementerian Kesehatan RI. Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi melalui nomor telepon: 021-7245517-72797302, faks: 021-7398852 atau alamat e-mail humas_ppsdmk@yahoo.co.id

 


Bagikan

 

Video

Aplikasi Online

 

Badan PPSDM Kesehatan RI

Alamat: Jl. Hang Jebat III Blok F3, Kebayoran Baru
Jakarta Selatan 12120
Kotak Pos No. 6015/JKS/GN
Telephone: 021-7245517, 72797302
Fax: 021-72797302