285 MAHASISWA IKUTI TRY OUT UJI KOMPETENSI DI POLTEKKES SEMARANG KEMENKES RI


Semarang- Guna memberikan gambaran tentang pelaksanaan ujian kompetensi mahasiswa dari Program Studi (prodi) Rekam Medik Informasi Kesehatan (RMIK), Gizi, Analis Kesehatan (TLM), Keperawatan Gigi, Teknik Radio Diagnostik dan Radio Terapi  (TRR) Politeknik Kesehatan Kemenkes Semarang menggelar kegiatan Try Out bagi 285 orang mahasiswa Program Studi (Prodi) D3 dan Prodi D4 dengan menghadirkan pengawas dari pusat dan para dosen lingkungan prodi masing-masing yang diselenggarakan  pada tanggal 28 Juli 2018. Dalam kesempatan ini hadir Kepala Pusat Kepala Pusat Pendidikan Sumber Daya Manusia Kesehatan Sugiyanto, Sp., M.App.Sc. yang didampingi Direktur Poltekkes Kemenkes Semarang Warijan Sp.d.A.Kep. M.Kes.

Panitia penyelenggara Pusat Pendidikan Sumber Daya Manusia Kesehatan  Kepala Subbidang Fasilitas Akreditasi Dedy Suryadi S.ST. mengatakan, try out uji kompetensi ini diselenggarakan untuk mahasiswa  semester akhir agar dapat mengenali bentuk-bentuk soal ujian kompetensi secara nasional.

Poltekkes Kemenkes Semarang akan menggelar ujian kompetensi setelah mahasiswa yang pada saat ini menempuh semester V usai mengikuti yusdisium. Uji Kompetensi diikuti program studi sebagai berikut : Prodi RMIK sebanyak 72 orang, Prodi GIZI sebanyak 41 orang, Prodi Analis Kesehatan sebanyak 86 orang, Prodi Keperawatan Gigi sebanyak 47 orang dan Prodi TRR sebanyak 39 orang, total sebanyak 285 orang mahasiswa/i.

Pelaksanakan try out uji komptensi bagi mahasiswa dengan menghadirkan 2 orang pengawas  pusat, (pengawas dari profesi 1  orang), serta 14 orang pengawas dari Poltekkes Kepemenkes Semarang yang semuanya berlatar belakang dosen.

Dengan adanya pelaksanaan try out ini diharapkan mahasiswa dapat mempersiapkan diri supaya pada saat mengikuti uji kompetensi tidak mengalami kesulitan, karena tujuan akhir dari pada uji kompetensi untuk mereka mendapatkan Sertifikat Uji Kompetensi dan Surat Tanda Registrasi (STR). Jadi tahapannya, mahasiswa setelah lulus uji kompetensi akan mendapatkan Sertifikat Uji Kompetensi kemudian mereka akan ikut uji kompetensi lagi untuk mendapatkan STR.

Lebih lanjut Jefri Ardiyanto, M.App.Sc. dari Profesi, yang didampingi Vederica Farida Candra Z, SST, MM  menambahkan, kegiatan try out uji kompetensi ini sangat penting sehingga diharapkan mahasiswa harus 100 persen terdaftar semua untuk ikut try out uji kompetensi, sebab kalau ada yang tidak ikut, maka tentu tidak bisa ikut uji kompetensi sehingga otomatis tidak bisa mendapatkan sertifikat uji kompetensi dan STR, maka semua mahasiswa semester V semua Jurusan ini harus terdaftar semua untuk mengikuti ujian kompetensi, karena kalau mereka tidak memiliki sertifikat uji kompetensi dan STR, maka meskipun mereka sudah lulus dan miliki Ijazah D3, tetapi tidak bisa diterima sebagai pegawai, baik di instansi pemerintah maupun swasta.

Berita ini disiarkan oleh Bagian Hukormas, Sekretariat Badan PPSDM Kesehatan Kementerian Kesehatan RI. Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi nomor telepon : 021-7245517-72797302, faks: 021-7398852 atau alamat e-mail : bppsdmk@yahoo.co.id, humas_bppsdmk@yahoo.com

 


Bagikan

 

Video

Aplikasi Online

 

Badan PPSDM Kesehatan RI

Alamat: Jl. Hang Jebat III Blok F3, Kebayoran Baru
Jakarta Selatan 12120
Kotak Pos No. 6015/JKS/GN
Telephone: 021-7245517, 72797302
Fax: 021-72797302