26 Petugas Kesehatan di Bengkalis Dilatih Mutakhirkan Data Terkini

26 Petugas Kesehatan di Bengkalis Dilatih Mutakhirkan Data Terkini

Sebanyak 26 petugas kesehatan di Bengkalis mendapat pelatihan untuk memutakhirkan data. Diharapkan mereka akan lebih terampil mengupdate data serta mencarikan solusinya.


Riauterkini-BENGKALIS- 26 petugas kesehatan dari dari Unit Pelaksana Teknis (UPT) Dinas Kehatan (Diskes) Kabupaten Bengkalis temasuk dari rumah sakit dibekali Pelatihan Pemutakhiran Data Pengembangan dan Pemberdayaan Sumber Daya Manusia (PPSDM) Kesehatan, Selasa (17/9/14).

Berlangsung selama tiga hari, yakni 17-19 September 2014 di salah satu wisma di Bengkalis, kegiatan ini diharapkan kepada para petugas tersebut mampu mengetahui dan memperbaharui (update) kondisi terkini persoalan-persoalan di bidang kesehatan yang sedang dihadapi dan berupaya mencari solusi (jalan keluar).

Pemutakhiran data PPSDM kesehatan sangat penting. Secara institusi, database yang selalu update sangat diperlukan dalam perencanaan kegiatan ke depan agar lebih terarah dan tepat sasaran.


“Tanpa adanya data yang akurat dan terkini, mustahil bisa membuat program perencanaan yang tepat,” ujar Kepala Dinas Kesehatan (Diskes) Kabupaten Bengkalis Bengkalis Moh. Sukri menyampaikan arahan sekaligus membuka kegiatan, Rabu (17/9/14).

Moh. Sukri menambahkan, dengan adanya database yang update, maka pimpinan institusi dengan benar menyampaikan persoalan-persoalan yang muncul maupun perkembangan program kegiatan.

“Dengan situasi dan kondisi saat ini, sering kali data yang diterima tidak relevan. Oleh karena itu diharapkan database kesehatan benar-benar akurat,” katanya lagi.

Dengan narasumber dari Badan Pengembangan dan Pemberdayaan SDM Kesehatan, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI Jakarta, kesempatan memperoleh pelatihan ini Kabupaten Bengkalis merupakan urutan ketiga dari seluruh daerah di Indonesia.

Sementara itu, dari laporan Ketua Panitia Penyelenggara Syamsul Bahri mengungkapkan para peserta pelatihan tersebut adalah dari utusan UPT Diskes delapan kecamatan berjumlah 16 orang, Puskesmas Balai Makam 2 orang, Puskesmas Sebangar 2 orang, Puskesmas Muara Basung 2 orang, RSUD Bengkalis 2 orang dan RSUD Mandau 2 orang. (riauterkini.com) 

 

Teks Foto: Kepala Diskes Kabupaten Bengkalis Moh. Sukri (tengah) disela-sela kegiatan Pelatihan PPSDM Kesehatan, Rabu (17/9/14).

Bagikan